PENGARUH PEMBERIAN KELAS IBU HAMIL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU PADA CARA BACA BUKU KIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LAPE KABUPATEN SUMBAWA BESAR

Dina Fithriana, Agus Putradana, Febriati Astuti

Abstract


Ibu hamil merupakan salah satu kelompok yang paling beresiko terkena berbagai macam gangguan kesehatan. Kelas Ibu Hamil merupakan suatu aktifitas belajar kelompok dalam kelas dengan anggota beberapa ibu hamil dibawah bimbingan satu atau beberapa fasilitator (pengajar) dengan memakai buku KIA sebagai alat pembelajaran. Buku KIA merupakan alat untuk mendeteksi secara dini adanya gangguan atau masalah kesehatan ibu dan anak. Masalah yang terjadi di Puskesmas Lape tentang tingkat pengetahuan ibu hamil terhadap cara baca buku KIA masih kurang. Hal ini dipengaruhi oleh kurang aktifnya ibu hamil dalam mengikuti kelas ibu hamil.

      Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperiment Design dengan “One Group pre test-pos test Design”. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Lape sebanyak 30 responden. Instrument yang digunakan adalah lembar kuesioner, dan hasil analisa data disajikan menggunakan uji spss dan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan ibu sebelum pemberian kelas ibu hamil sebagian besar dalam kategori kurang 63,3%, kategori cukup 36,7% sedangkan kategori baik tidak ada. Sedangkan tingkat pengetahuan ibu setelah pemberian kelas ibu hamil sebagian besar dalam kategori baik 76,7%, cukup 16,7%, dan kurang sebesar 6,7%. Analisa uji statistik t-test menunjukkan bahwa nilai p-value adalah sebesar 0,001. Hasil ini lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikan 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian kelas ibu hamil terhadap tingkat pengetahuan ibu pada cara baca buku KIA Wilayah Kerja Puskesmas Lape.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian kelas ibu hamil terhadap tingkat pengetahuan ibu pada cara baca buku KIA. Oleh sebab itu, diharapkan tenaga kesehatan dapat meningkatkan kualitas kelas ibu hamil, agar dapat dilaksanakan secara rutin.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v6i3.3420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Dina Fithriana



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)
p-ISSN: 2598-9944, e-ISSN: 2656-6753
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.