Kekerasan Orang Tua Yang Mengakibatkan Trauma Pada Anak

Rinna Yuanita Kasenda, Argita Argita, Irma Tangkelangngan, Widianta Br Tarigan, Anssy Syahfitiri Pantow, Firna Tresya Rantung

Abstract


This study aims to find out what domestic violence is, the causes of domestic violence in children who experience it, the forms of violence that are obtained, and the effects that arise after the occurrence of domestic violence on these children. In addition, this study aims to find out the solutions made by children who experience problems with violence. This research was conducted at SMKN 3 Jl. TNI No. 4, Tikala Ares, Kec. Tikala, Manado, North Sulawesi. The research subjects chosen in this study were 2 students at the school. This research is a qualitative type with a qualitative descriptive approach to the type of case study research. The data used are in the form of primary and secondary data through observation, interviews, and documentation techniques. Data analysis in this study begins with data collection, data reduction, data presentation, and finally draws conclusions. The results of this study indicate that the form of domestic violence experienced by these children is a form of physical violence and also psychological violence. Factors that cause these children to experience violence are due to economic problems, temperament, authoritarian or excessive ways of educating, and also the illness experienced by their parents. From the violence that the child experienced, it greatly affected the psychological and physical aspects of the child and caused trauma as a result of the violence.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa itu KDRT, faktor penyebab terjadinya KDRT pada anak yang mengalami, bentuk-bentuk kekerasan yang didapatkan, serta pengaruh yang timbul setelah terjadinya KDRT pada anak tersebut. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui solusi yang dilakukan anak yang mengalami masalah kekerasan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 3 Jl. TNI No.4, Tikala Ares, Kec. Tikala, Manado Sulawesi utara. Subjek penelitian yang dipilih dalam penelitian ini yaitu 2 siswa disekolah tersebut. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini diawali dengan pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, dan terakhir menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk KDRT yang dialami anak tersebut yaitu bentuk kekerasan secara fisik dan juga kekerasan secara psikis. Faktor yang menyebabkan anak tersebut mengalami kekerasan karena masalah perekonomian, sifat tempramen, cara mendidik yang otoriter atau berlebihan, dan juga sakit yang dialami oleh orang tuanya. Dari kekerasan yang anak tersebut alami sangat berpengaruh pada psikis dan fisik anak tersebut serta menimbulkan trauma akibat dari kekerasan.

 

 


Keywords


Domestic Violence, Parents, Trauma, Children.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Anssy Syahfitiri Pantow



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)
p-ISSN: 2598-9944, e-ISSN: 2656-6753
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.