Pelatihan Bahasa Inggris Pariwisata Bagi pemuda Sembalun Tanjung Karang Kecamatan Sekarbela Kota Mataram

Edi Firman, Sudirman Sudirman, M. Asrul Hasby, Tawali Tawali, K. Dedy Sandiarsa

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui kemampuan belajar bahasa Inggris pariwisata para Pemuda Sembalun Tanjung Karang Kecamatan Sekarbela Kota Mataram.; (2) Untuk mengetahui motivasi belajar bahasa Inggris pariwisata para Pemuda Sembalun Tanjung Karang Kecamatan Sekarbela Kota Mataram.; (3) Untuk mengetahui dampak pelaksanaan pelatihan bahasa Inggris pariwisata terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Inggris para Pemuda Sembalun Tanjung Karang Kecamatan Sekarbela Kota Mataram.. Metode pelatihan yang digunakan adalah metode Communicative Language Teaching (CLT) dengan jumlah peserta sebanyak 10 orang yang terdiri dari 5 laki-laki dan 5 orang perempuan. Adapun hasil pelatihan adalah; (1) Kemampuan bahasa Inggris pariwisata para Pemuda Sembalun Tanjung Karang Kecamatan Sekarbela Kota Mataram masih sangat rendah dan memerlukan pelatihan yang intensif untuk bisa ditingkatkan sehingga bisa berkomunikasi secara sederhana dengan para wisatawan; (2) Motivasi belajar bahasa Inggris pariwisata para Pemuda Sembalun Tanjung Karang Kecamatan Sekarbela Kota Mataram cukup tinggi, hal ini terlihat dalam keaktifan mereka dalam proses pembelajaran dimana mereka sangat antusias dalam mempraktekkan apa yang mereka pelajari; (3) Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan setelah pelaksanaan pelatihan dapat dilihat dampak pelaksanaan pelatihan bahasa Inggris terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Inggris pariwisata para Pemuda Sembalun Tanjung Karang Kecamatan Sekarbela Kota Mataram cukup signifikan. Berdasarkan hasil test tersebut terlihat bahwa sebagian besar peserta menunjukkan perubahan kemampuan yang cukup signifikan dalam berbicara dengan bahasa Inggris dimana mereka mampu mengekspresikan ungkapan-ungkapan yang sebelumnya tidak bisa mereka lakukan.


Keywords


Pelatihan Bahasa Inggris Pariwisata, Kesejahteraan

Full Text:

PDF

References


Færch, C., & Kasper, G. (1983). Strategies in interlanguage communication. London: Longman.

Mitchell, Rosamond (1994). "The communicative approach to language teaching". Dalam Swarbick, Ann. Teaching Modern Languages. New York: Routledge. hlm. 33–42.

Richards, Jack C.; Rodgers, Theodore S. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching (edisi ke-2nd). Cambridge, New York: Cambridge University Press. ISBN 978-0-521-00843-3.

Savignon, Sandra J. (2000). "Communicative language teaching". Dalam Byram, Michael. Routledge Encyclopedia of Language Teaching and Learning. London: Routledge. hlm. 125–129.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v2i1.1601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edi Firman, Sudirman Sudirman, M. Asrul Hasby, Tawali Tawali, K. Dedy Sandiarsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats