Pelatihan E-Learning Menggunakan LMS Edmodo Bagi Guru SDN 19 Ampenan Kota Mataram

Supriadin Supriadin, Muhamad Ikhsan, Syahrir Syahrir

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah mengenalkan aplikasi E-elearning berbasis Learning Manaement System (LMS) Edmodo kepada guru SDN 19 Ampenan Kota Mataram. Keterampilan penggunaan media sosial yang dimiliki oleh guru diharapkan mempermudah proses pembelajaran dengan menggunakan Edmodo. Metode kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dalam bentuk ceramah, diskusi, dan praktek. Pelatihan akan dilakukan selama 1 hari, pelatihan akan fokus terhadap pengemasan konten pembelajaran, melakukan praktek dan simulasi proses pembelajaran dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Edmodo. Modul pelatihan diberikan kepada peserta sebagai alat bantu dalam kegiatan praktek di kelas. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di SD Negeri 19 Ampenan yang dihadiri 8 orang guru. Proses evaluasi dilakukan dengan pengisian kuisioner di akhir pelatihan. Hasil evaluasi pelaksanaan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini menunjukkan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman peserta mengenai penggunaan E-learning menggunakan Edmodo serta bermanfaat untuk menunjang proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah. Berdasarkan hasil observasi selama kegiatan, terlihat bahwa aktivitas peserta sangat baik, ini dapat dilihat dari banyaknya indikator-indikator aktivitas pelatihan yang muncul. Begitu juga dengan hasil angket yang diberikan ke peserta di akhir kegiatan, 90 % peserta puas dengan kegiatan ini. Pelaksanaan pelatihan telah dapat mencapai tujuan yang diharapkan, hal ini dapat dilihat dari tugas-tugas yang diberikan kepada peserta dapat diselesaikan dengan baik. Kepada peserta diharapkan hasil pelatihan dapat digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis E-learning menggunakan LMS Edmodo yang sesuai dengan bidang studi yang diajarkan di kelas masing-masing.


Keywords


Pelatihan e-Learning Menggunakan LMS Edmodo

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Pamekasan. 2015. Kecamatan Batumarmar dalam Angka 2015. Katalog BPS.

Basori. 2013. Pemanfaatan Social Learning Network “Edmodo” dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK, Vol. VI No.2, Juli 2013.

Mulyono, Budi. 2013. Pemanfaatan Media Sosial Edmodo pada Pembelajaran Matematika bagi Guru-guru SD di Kota Palembang. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional, Mataram 8 Desember 2013.

Ratnasari, Anita. 2012. Studi Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Keaktifan Mahasiswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar Studi Kasus Universitas Mercu Buana Jakarta. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012) ISSN: 1907-5022 Yogyakarta, 15-16 Juni 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v2i2.1616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Supriadin Supriadin, Muhamad Ikhsan, Syahrir Syahrir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats