Sosialisasi Peningkatan Kompetensi Guru Penjasorkes Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMAN MGMP Penjasorkes Kota Mataram Tahun 2020

Hermansyah Hermansyah, Elya Wibawa, Muhamad Ikhsan, Nune Sakti

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan bantuan kepada guru-guru SMA khususnya guru penjasorkes di Kota Mataram dalam penelitian tindakan kelas serta penulisan artikel ilmiah. Output yang ingin dicapai setelah guru berpartisipasi dalam pelatihan PTK adalah mereka dapat menyusun proposal, mengimplementasikan PTK di kelas, menyusun laporan PTK dan membuat artikel ilmiah untuk publikasi. Metode pelatihan dilakukan dengan ceramah dan demonstrasi tanya jawab, latihan, dan praktik. Materi pelatihan disajikan dengan lebih banyak praktik daripada teori, dengan rasio 25% teori dan 75% praktik. Tempat pelatihan diadakan di Aula SMAN 3 Mataram Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Selama lokakarya, evaluasi dilakukan dengan post-test. Output dari layanan ini yang memenuhi target adalah 80% dari guru penjasorkes di Kota Mataram tersebut menghadiri pelatihan dan lulus keterampilan kognitif,psikomotor berdasarkan hasil pelatihan pasca-PTK. Sementara itu, 30% guru penjasorkes di Kota Mataram tersebut mampu membuat proposal, dan 10 di antaranya siap ditulis dalam artikel ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal atau seminar dalam waktu dekat. Disinilah peran perguruan tinggi yaitu UNDIKMA yang telah hadir agar dapat membantu guru SMAN MGMP Penjasorkes Kota Mataram dalam membuat PTK.


Keywords


kompetisi; guru; penjasorkes

Full Text:

PDF

References


Akcay, Selcuk. (2011). Causality Relationship Between Total R&D Investment and Economic Growth: Evidence From United States. The Journal of Faculty of Economics and Administrative Sciences, 16(1), 79–92.

Atmadja, Adwin S. (1999). Inflasi di Indonesia: Sumber–sumber Penyebab dan Pengendaliannya. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 1(1), 54-57.

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat. 2017. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi edisi XI. Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Kemendikbud. 2010. Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala BKN Nomor 03/V/PB/2010 dan Nomor 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Kemendikbud.

kementrian PANRB. 2009. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v2i1.1710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hermansyah Hermansyah, Elya Wibawa, Muhamad Ikhsan, Nune Sakti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats