PELATIHAN PEMBUATAN HANDSHOAP, DETERJEN DAN SABUN CUCI PIRING UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN DAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA KETAPANG RAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Siti Nurhidayati, Khaeruman Khaeruman, Diah Lukitasari

Abstract


Sabun merupakan kebutuhan utama masyarakat, terutama Tujuan pengabdian ini adalah membelajarkan masyarakat agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat handsoap, deterjen cair dan sabun cuci piring untuk meningkatkan kesehatan dan perekonomian masyarakat pada masa pandemic covid 19. Melalui pelatihan ini masyarakat mampu membuat sendiri sabu cuci tangan, deterjen cair dan sabun cuci piring yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kebersihan baik diri maupun lingkungan dalam rangka menjaga kesehatan pada masa pandemic covid-19, selain itu masyarakat juga mampu membuka usaha kecil untuk menjual handsoap, deterjen cair dan sabun cuci piring untuk meningkatkan perekonomian.


Keywords


Handsoap, Deterjen, Sabun_Cuci_Piring, Kesehatan_Masyarakat, Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Amalia, R., Paramita, V., Kusumayanti, H., Wahyuningsih, Sembiring, M., dan Rani, DE. (2018). Produksi Sabun Cuci Piring Sebagai Upaya Peningkatkan Efektivitas Dan Peluang Wirausaha. Metana. 14 (1):15-18

Haro, A., Waspodo, AAWS., dan Handaru, AW. (2017). Peningkatan Keterampilan Bagi Ibu Rumah Tangga dalam Rangka Penghematan Melalui Pembuatan Sabun Cair Sederhana. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). 1 (2): 194-206.

Marjanah., Indriaty., dan Setyoko. (2019). Wirausaha Kreatif Pembuatan Sabun Cair Aroma Terapi Bagi Masyarakat Di Birem Rayeuk Aceh Timur. Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri. 3 (2).

Nasution, HA., dan Zebua, F. (2019). Pelatihan Pembuatan Sabun Cair Cuci Piring Untuk Meningkatkan Keterampilan Kewirausahaan Peserta Didik Di Mas Al-Washliyah Desa Pakam. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat. 1 (1): 39-42.

Tim Penyusun (2019). Buku Petunjuk Praktikum Kimia. Laboratorium Kimia Undikma. Mataram.

Usep, HW dan Solahudin (2019). Pelatihan Pembuatan Detergen Cair Ramah Lingkungan di Kampung Cibening, Kota Serang. Intervensi Komunitas Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1 (1): 81-86.

Wardani, IK. (2019). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring dan Sabun Detergent Bagi Masyarakat Desa Senyiur Kec. Keruak Lombok Timur. Abdi Masyarakat. 1 (1): 25-28.

Widyasanti, A., Putri, SH., dan Dwiratna SNP. (2016). Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Produk Sabun Berbasis Komoditas Lokal Di Kecamatan Sukamantri Ciamis. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. 5 (1): 29 – 33.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v3i1.2241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats