Pelatihan Penulisan Surat Dinas Pada Perangkat Desa Kole Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima

Supriadin Supriadin, Rindawan Rindawan

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan penulisan surat dinas di desa Kole kecamatan Ambalawi kabupaten Bima. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini berbentuk pelatihan, agar peserta dapat praktik secara langsung setelah  mendapatkan  materi.  Metode dalam  menyampaikan  materi menggunakan metode ceramah. Selain menggunakan metode ceramah digunakan pula metode diskusi, agar peserta yang kurang memahami materi dapat menanyakan kepada pemateri dan peserta yang lainnya bisa mananggapi dan menambahkan. Data dan sumber data yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dokumen. Penyaji akan mengumpulkan surat-surat resmi yang dikeluarkan oleh kantor kepala desa Kole setelah dilaksanakan pengabdian selama 2 hari. Kegiatan program pengabdian pada masyarakat ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 11 sampai dengan 12 November 2021 yang bertempat di aula Kantor Desa Kole Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima. Jumlah perangkat/staf desa yang mengikuti pelatihan penulisan surat dinas ini berjumlah 12 orang. Berdasarkan survey awal, nilai ejaan peserta kegiatan kurang baik, artinya perlu peningkatan dalam memahami Ejaan Bahasa Indonesia. Pada saat pelatihan, peserta kegiatan dan tim pelaksana mengadakan refleksi dan evaluasi mengenai materi yang disampaikan. Dengan demikian, peserta kegiatan dapat menyusun surat dinas dengan baik dan benar sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.  

Keywords


Pelatihan Penulisan, Surat Dinas.

Full Text:

PDF

References


Darmini, Wiwik, dkk. 2011. Pelatihan Penulisan Surat Resmi Berbahasa Indonesia di Gabungan Organisasi Wanita (GOW) kabupaten Sukoharjo. Proceeding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Veteran Bangun Nusantara: Sistem Penjaminan Mutu Penelitian di Perguruan Tinggi. ISBN: 978-602-99172-5-3.

Purwandri, Heni Setya, dkk. 2014. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Surat Dinas Kantor Kepala Desa Jladri. Basastra Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume 1 Nomor 3: (478-489).

Saddhono, Kundharu, Slamet, ST. Y. 2014. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Sumantri M. dan Johar Permana. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v3i2.2772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats