DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA MENGENAI EMOSIONAL ANAK USIA DINI (4-8 TAHUN) DALAM PENGGUNAAN GADGET DI JL. BLAMBANGAN 1, TAMBAK SAWAH, WARU, SIDOARJO

Sa'ira Ila Mafaz

Abstract


Artikel ini membahas mengenai dampak dari adanya globalisasi mengenai berkembangnya teknologi yang semakin lama semakin maju dengan pesat. Kehadiran gadget ini banyak membawa dampak baik positif maupun negatif bagi para penggunanya. Namun, dari sekian banyak manfaat, tetap saja penggunaan gadget ini lebih banyak membawa dampak negatif bagi anak kecil yang belum mengerti kegunaan dari gadget itu sendiri dan dapat merugikan untuk penggunanya apabila tidak dibatasi dalam menggunakan, terutama bagi anak kecil yang berusia 4-8 tahun, dan sangat disarankan untuk selalu dalam pengawasan orang tua. Oleh karenanya, artikel ini membahas mengenai pentingnya pola asuh orang tua untuk menjaga emosional anak dalam penggunaan gadget. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan dengan teknik survey. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya dampak pada anak yang berumur 4-8 tahun dalam penggunaan gadget sangat nyata adanya, yakni tak bisa mengontrol emosi ketika tak diberi gadget. Oleh karenanya, perlu pengawasan orang tua yang extra untuk mencegah dampak buruk lain yang diakibatkan oleh gadget.

 


Keywords


Kunci : Dampak Globalisasi, Pola asuh orang tua, Emosional

Full Text:

PDF

References


Ayun, Q. (2017). POLA ASUH ORANG TUA DAN METODE PENGASUHAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK. Vol. 5 No. 1.

Baskhara, P. (2020, Maret Selasa). SURVEY PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA SISWA USIA DINI DI LEMBAGA PENDIDIKAN RAUDHATUL ATHFAL (RA).

Gumilar, G. (2001). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Tantangan Globalisasi . Majalah Ilmiah UNIKOM Vol. 1 No. 2.

Gunarsa, S. D. (1976). Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulya.

Handayani, R., Purbasari, I., & Setiawan, D. (2020). TIPE-TIPE POLA ASUH DALAM PENDIDIKAN KELUARGA. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 11 No. 1.

Masni, H. (2017). Peran Pola Asuh Demokratis Orang Tua. Jurnal Ilmiah Dikdaya.

Nasution, R. D. (2016). PENGARUH KESENJANGAN DIGITAL TERHADAP PEMBANGUNAN PEDESAAN (RURAL DEVELOPMENT). Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 20 No.1, 31-44.

Rahmawati, Y. (2017). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Sidik, A., Setyawan, A. H., Kholifatunnisa, Baskoro, D., & Hanifa, S. N. (2022). Seiring Perkembangan teknologi informasi dan Komunikasi untuk Menambah Wawasan dan Kemampuan Belajar Siswa di Era Globalisasi. Jurnal Pengabdian Global.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta .

Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). PENGAWASAN ORANGTUA TERHADAP DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK . Jurnal Endurance 3(3).

Taib, B., Ummah, D. M., & Bun, Y. (2020). ANALISIS POLA ASUH OTORITER ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK. Jurnal Ilmiah Vol. 2 No. 2.

Tomlinson, J. (1999). Globalization and Culture. Chicago: The University of Chicago Press.

Winarti. (2019). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Orientasi Pola Asuh Anak Usia Dini (Studi di RA al Karimy Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto). Proceedings The 3rd Annual International Conference on Islamic Education (AICIEd), 261-70.

Wiranto, S. A., & Hermawan, M. A. (2018). Peranan OrangTua Dalam Pengawasan Anak Pada Penggunaan Smartphone. ISSN: 2655-6189, hal. 251-255.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v4i2.3610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sa'ira Ila Mafaz

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats