Pembelajaran Berbasis Steam Bagi Guru-Guru SD Negeri Emereuw Kota Jayapura

Ronaldo Kho, Dewi Kristika Findia Ning Tyas, Katarina Doo

Abstract


Kemajuan ilmu dan teknologi saat ini menuntut para guru agar melek teknologi. Dengan pemahaman dan penggunaan teknologi dengan baik diharapkan berimplikasi pada siswa yang diajar. Siswa perlu dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman teknologi yang tepat guna dan berhasil guna, agar mampu menerapkan teknologi dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan teknologi dan ilmu pengetahuan adalah pendekatan pembelajaran berbasis STEAM. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman guru-guru SD Negeri Emereuw Kota Jayapura dalam merancang, membuat, dan menerapkan pembelajaran berbasis STEAM. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar, (2) Semua peserta mampu memahami materi yang disampaikan, dan (3) Guru/peserta dapat memahami pendekatan pembelajaran berbasis STEAM melalui kegiatan simulasi.

Keywords


Pembelajaran, Sain, Matematika, Teknologi

Full Text:

PDF

References


Kamienski, N., & Radziwill, N. (2018). STEAM design: Creating Participatory Art with Purpose. The Steam Journal, 3(2). https://doi.org/10.5642/steam.20180302.08

Riley, S. (n.d.). Getting Ready for Careers in STEAM. Retrieved 15 February 2022, from https://www.affordablecollegesonline.org/college-resource-center/steam-careers-art-schools/

Riley, S. (n.d.). Getting Ready for Careers in STEAM. Retrieved 15 February 2022, from https://www.affordablecollegesonline.org/college-resource-center/steam-careers-art-schools/

Thibaut, L., Ceuppens, S., De Loof, H., De Meester, J., Goovaerts, L., Struyf, A., Boeve-de Pauw, J., Dehaene, W., Deprez, J., De Cock, M., Hellinckx, L., Knipprath, H., Langie, G., Struyven, K., Van de Velde, D., Van Petegem, P., & Depaepe, F. (2018). Integrated STEM Education: A Systematic Review of Instructional Practices in Secondary Education. European Journal of STEM Education, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.20897/ejsteme/85525

Uswah. (2019). STEAM, Sebuah Pendekatan Pembelajaran Berbasis Seni.

Articles. http://binus.ac.id/knowledge/2019/05/steam/

Yakman, Georgette., Hyongyong, Lee. (2012). Exploring The Exemplary STEAM Education in the U.S as Practical Educational Framework for Korea. J Korea Assoc. Sci. Edu. Vol 32, No.6, 2012. (Diakses 15 Februari 2022)

Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology Engineering, Art, and Mathematics): Pembelajaran Untuk Memberdayakan Keterampilan Abad Ke-21. Seminar Nasional Matematika dan Sains dengan Tema “STEAM Terintegrasi Kearifan Lokal Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” di FKIP Universitas Wiralodra Indramayu 19 September 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v4i2.4019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ronaldo Kho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats