Penyuluhan Perilaku Taat Tata Tertib Berkendara di Jalan Raya Pada Siswa Sekolah di MA Nurul Habibi NW Liwung Kabupaten Lombok Tengah

Supriadin Supriadin, Rindawan Rindawan

Abstract


Prilaku taat tata tertib dalam berlalu lintas dijalan raya sangat penting diberikan kepada pelajar sejak usia dini, maka pemahaman terhadap tata tertib dan keselamatan berlalu lalu lintas menjadi keharusan yang wajib diberikan kepada siswa. Berkaitan dengan tingginya pelanggaran yang dilakukan oleh pelajar tidak terkecuali di Kabupaten Lombok Tengah. lebih dari sepertiga kasus pelanggaran yang pernah terjadi dilakukan oleh pelajar. Jika persoalan tersebut kurang mendapat perhatian, maka tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan jumlah kecelakaan. Oleh karena sangat dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman terhadap tata tertib berlalu lintas agar para siswa mengetahui dan tentunya tidak akan melakukan pelanggaran dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menciptakan generasi yang patuh dan taat tata tertib berlalu lintas. Kegiatan ini akan berdampak positif terhadap pelajar, meningkatnya akan kesadaran pelajar untuk selalu taat tata tertib lalu lintas, memperkecil bahaya terjadinya kecelakaan serta mengembangkan dan meningkatkan kesadaran generasi muda melalui pelajar untuk berprilaku tertib berlalu lintas dan bertanggung jawab untuk meningkatkan keselamatan terhadap diri sendiri maupun orang lain. Kegiatan ini mempunyai nilai positif dalam memberikan pemahaman kepada pelajar khususnya pelajar MA Nurul Habibi NW Liwung Kabupaten Lombok Tengah. Agar selalu mentaati tata tertib berlalu lintas, melalui metode ceramah dan tanya jawab serta diskusi.

 


Keywords


Perilaku, taat tata tertib berkendara, di jalan raya

Full Text:

PDF

References


Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Makarao, Taufik, et.al. 2003 Pelanggaran Lalu Lintas. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Monks, F.J. dkk. 1989. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Poerwadarminta. 1987. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v4i2.4697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Supriadin Supriadin, Rindawan Rindawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats