Pelatihan Kewirausahaan Melalui “Business Day” Untuk Membangun Karakter Siswa Di Paud Darul Muhajirin Mataram

Zuldi Ehyani, Henny, Aulia Febrina Risia, Lalu Andre Saputra Andre Saputra, Zul Hidayati, Vera Novitasari

Abstract


Program pengabdian masyarakat dengan judul “Pelatihan Kewirausahaan Melalui “Business Day” Untuk Membangun Karakter Siswa ” memiliki beberapa target dan luaran. Adapun target dari program ini diantaranya: (1) program ini diperuntukkan bagi orang tua dan guru yang ada di lingkungan Paud Darul Muhajirin Mataram; (2) meningkatkan pemahaman guru mengenai metode pembelajaran; (3) meningkatkan kemampuan guru dalam menganalisa karakter masing-masing anak; (4) meningkatkan kesadran orang tua untuk terlibat dalam pembentukan karakter anak; dan

(5) meningkatkan Kerjasama antara orang tua dan guru dalam pembentukann karakter anak. Kemudian luaran yang dihasilkan dari program ini diantaranya: (1) terlaksananya kegiatan pelatihan dengan judul “Pelatihan Kewirausahaan Melalui “Business Day” Untuk Membangun Karakter Siswa; dan (2) guru dan orang tua memiliki persepsi yang sama dalam pembentukan karakter siswa. Adapun tahapan kegiatan ini sebagai berikut: (1) persiapan dan pembekalan; (2) penyampaian materi; (3) pelaksanaan kegiatan pengabdiann dan (4) rencana keberlanjutan program. Hasil dari pengabdian diperoleh bahwa terciptanya sistem kekeluargaan antara pihak sekolah, guru, dan orang tua sehingga mengakibatkan motivasi anak dalam belajar dan bermain meningkat.


Keywords


Pelatihan, Business day

Full Text:

PDF

References


Ristekdikti. (2018). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XII Tahun 2018. Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v3i2.5435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zuldi Ehyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats