Pembinaan Penggunaan Bahasa Indonesia Tulis Pada Aparat Pemerintah Desa Sekecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara

Supriadin Supriadin, Muhamad Ikhsan, Rindawan Rindawan

Abstract


Pembinaan penggunaan bahasa Indonesia tulis pada aparat pemerintah desa sekecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara bertujuan untuk (1) Meningkatkan sikap solidaritas dan kepedulian mahasiswa terhadap kondisi masyarakat yang membutuhkan perhatian melalui penggunaan bahasa yang tepat sehingga dapat mewujudkan masyarakat dan pemerintahan yang berbudaya dan berkarakter; (2) Berpikir kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat melalui komunikasi yang efektif dan efisien; (3) Memberikan kontribusi positif  bagi masyarakat desa  tentang betapa pentingnya menjaga kerukunan sesama masyarakat melalui penggunaan bahasa yang baik dan benar, serta (4) Melakukan kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat dalam sentuhan ilmu pengetahuan tentang proses penciptaan kehidupan masyarakat yang nyaman, tentram, dan damai melalui penggunaan bahasa yang komunikatif. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan secara tatap muka yang diikuti oleh 16 peserta yang terdiri dari kepala desa dan staf. Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan. Sedangkan metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu metode ceramah, diskusi, pelatihan, dan simulasi. Berdasarkan uraian pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, dapat disimpulkan bahwa partisipasi peserta pengabdian sebesar 100%. Peserta aktif bertanya dan mendengarkan berbagai hal tentang materi yang telah diberikan sampai kegiatan pembinaan dan pengembangan bahasa adalah cara atau kegiatan pemeliharaan dan pengembangan bahasa. Dalam pembinaan dan pengembangan bahasa erat kaitannya dengan pembinaan sikap berbahasa Indonesia, sikap positif terhadap bahasa Indonesia, upaya meningkatkan kegairahan penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, serta memahami bagaimana meningkatkan mutu dan disiplin penggunaan dan penguasaan bahasa Indonesia.


Keywords


Pembinaan, penggunaan bahasa, aparat pemerintah

Full Text:

PDF

References


Fitriah, Farrah dan Siti Sarah F. 2017. “Analisis Tindak Tutur dalam Novel Marwah di Ujung Bara Karya R.H. Fitiriadi”. Jurnal Master Bahasa. 5: 53.

Keraf, Gorys. 1984. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Halim. A., 1976. Fungsi dan Kedudukan Bahasa Nasional dalam Halim A, (ed). Politik Bahasa Nasional. 2. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Moeliono, Anton M. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v5i1.5664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Supriadin Supriadin, Muhamad Ikhsan, Rindawan Rindawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats