Strong Literacy, Great Village: Building Villages Through Literacy Culture in Bima Regency

Nurfidah Nurfidah, Abas Oya, Sri Suryaningsih

Abstract


Desa Mandala merupakan salah satu desa terpencil dan sebagian besar masyarakatnya memiliki profesi sebagai petani. Masyarakat memandang bahwa gerakan untuk membudayakan literasi seakan-akan tidak ada hubungannya serta korelasi dengan pekerjaannya sehari-hari dan bahkan tidak ada sama sekali ketersediaan sarana infrastruktur penunjang literasi seperti tidak adanya perpustakaan desa maupun taman literasi. Pelaksanaan dan metode pengabdian kepada Masyarakat ini sebagai berikut: (1) Tahap Sosialisasi (2) Tahap seminar, (3) Tahap Penyuluhan dan terakhir (4) Tahap pengadaan taman literasi mandala. Berdasarkan hasil Pengabdian kepada Masyarakat, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga berimbas pada peningkatan keterampilan masyarakat. Kegiatan pengabdian ini yang telah tercapai yaitu pelaksanaan sosialisasi, penyuluhan, dan seminar telah terlaksana untuk meningkatkan keberdayaan kesadaran dan kualitas SDM masyarakat Desa Mandala dan pengadaan taman literasi Mandala selesai dan telah dilakukan peresmian secara resmi.


Keywords


Budaya Literasi; Membangun Desa

Full Text:

PDF

References


A. Rahmawati, I. Kurniawan, and R. A. Artisa. Membangun desa melalui budaya literasi. Setia Mengabdi – J. Pengabdi. Kpd. Masy. 2020;1(1):17–25.

P. Utara. Membangun budaya literasi berasis kearifan lokal di desa pringgajurang utara. 2021;2(1):35–41.

D. Surya, K. Langsa, and K. Langsa. Membangun budaya literasi perdesaan di desa pondok kemuning kota langsa. 2021;1(1):29–35.

U. Tas, M. Ul, A. Banten, D. Herdiana, R. Heriyana, and R. Suhaerawan. Pemberdayaan masyarakat melalui gerakan literasi perdesaan di desa cimanggu kabupaten bandung barat. 2019;4(4):431–442.

D. I. D. Karihkil, “MEMBANGUN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT,” vol. 02, pp. 44– 54, 2018.

Nurfidah & Evi Rosdiyanti. Problematika Budaya Literasi Pada Masyarakat Di Kecematan Wera. Abdi Masyarakat. 2022;4(2).

S. P. Sutisna, M. F. Fahri, W. Khofifah, D. F. Teknik, M. F. Teknik, and D. G. Mulya. Membangun budaya literasi pada masyarakat di daerah Kabupaten Bogor. 2017;01(01):90–96.

M. Budaya, L. Masyarakat, P. Sukananti, and T. B. Masyarakat. Membangun budaya literasi masyarakat pekon sukananti kecamatan way tenong kabupaten lampung barat melalui perpustakaan desa. Smart Society : Community Service and Empowerment Journal. 2021;1(1):35–41




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v5i2.6035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurfidah Nurfidah, Abas Oya, Sri Suryaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats