Strengthening Economy Community At Rt 004/Rw 02 Kelurahan Kastela, Ternate City

Marwan Marwan, Abdul Wahab Hasyim

Abstract


Pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengaktualisasikan unsur ketiga pada Tri Darma Perguruan Tinggi.  Tujuannya adalah membantu masyarakat dalam meningkatkan produktifitas masyarakat di kelurahan Kastela. Metode yang digunakan adalah pelibatan masyarakat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa ceramah dan penyuluhan tentang pemanfaatan potensi setempat dalam meningkatkan produktifitas. Hal ini karena pada umumnya belum menyadarai tentang potensi pemanfaatan lahan tersebut karena terkendalah pada beberapa hal. Antara lain factor lahan yang berbatu, adanya kebiasan melepasliarkan ternak yang dapat mengganggu tanaman, dan tidak adanya masyarakat yang bisa menjadi motivator. Kurangnya skill, dan modal. Melalui kegiatan ini masyarakat akan diberikan arahan untuk dapat memanfaatkan lahan tidur tersebut. Diantaranya adalah ada pemanfaatn lahan untuk pembudidyaan ikan air tawar dengan memanfaatkan berbagai bahan yang sederhana, murah, dan mudah untuk didapatkan di sekitar.

 

 


Keywords


Penguatan, Ekonomi, Masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Ahlina, H. F., Riono, Y., & Harahap, S. R. (2019). Pengaruh penggunaan jenis wadah yang berbeda terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan betutu (Oxyeleotris marmorata Blkr.). Acta Aquatica: Aquatic Sciences Journal, 6(2), 93. https://doi.org/10.29103/aa.v6i2.1666

Karim, M., & Adelia, I. (2018). Potensi Pemanfaatan Lahan Tidur Di Kabupaten Kerinci. In Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman (Vol. 18, Issue 02).

Khoirun, U., Dan, N. ’, & Izzah, K. (2020). Pendampingan Pemberdayaan Potensi Masyarakat dalam Bidang Pertanian dan Home Industry di Desa Butuh Kras Kediri pada Masa Pandemi Covid-19. In JPMD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa (Vol. 1, Issue 2). https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/jpmd

Kusnayadi, H., Merdekawati, A., Program, W. K., Agroteknologi, S., Pertanian, F., Samawa, U., Raya, J., & Sumbawa Besar, S. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Kelompok Mitra PKM di Desa Leseng, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa (Training and Mentoring of PKM Partner Groups in Leseng Village, Moyo Hulu Subdistrict, Sumbawa District). 5(2).

Mamoto, L., Mandei, J. R., & Benu, D. O. (2021). Identifikasi Faktor- -Faktor Yang Mempengaruhi Lahan Tidur Di Desa Tombasian Atas Satu Kecamatan Kawangkoan Barat

Nisa’, Khoirun Umi dan Izzah, Khoirotul. 2020. Pendampingan Pemberdayaan Potensi Masyarakat

Ristiana dan Yusuf, Amin. 2020. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa di Desa Wisata Lerep. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment

Sarawit, U., Pertanian, P., Payakumbuh, N., & Barat, S. (n.d.). Unit Usaha Ikan Nila Sistem Keramba Jaring Apung Di Danau Maninjau, Kaecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam (Vol. 2, Issue 2).

Sarianah, Iin; Sihabuddin, Aan Anwar; Suwarlan, Erlan. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Bidang Ekonomi Oleh Pemerintah Desa Pangandaran Kec. Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Volume 5, Nomor 3, Agustus 2019.

Sutresni, Ni Luh, Suharsono, Naswan, dan Tripalupi, Lulup Endah. 2019. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Program Gerakan Pembangunan Desa Terpadu (Gerbang Sadu) Mandra. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 11 No. 2 Tahun 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v5i2.6428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Marwan Marwan, Abdul Wahab Hasyim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats