Peningkatan Kompetensi Guru PAK Melalui Implementasi Manajemen Pembelajaran Berbasis Teknologi

Yakob GodlifMalatuny, Fredrik Warwer, Julianus Labobar, Dorce Butu, Santy Layan, Nurhayati Banga

Abstract


Dalam dunia pendidikan, manajemen pembelajaran berbasis teknologi semakin penting. Para guru Pendidikan Agama Kristen di SMP se-Distrik Sentani dapat memanfaatkan Kahoot dan TeamViewer untuk meningkatkan keefektifan proses pembelajaran. Melalui penerapan sistem manajemen pembelajaran berbasis teknologi, yaitu Kahoot dan TeamViewer. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan bagi para guru PAK pada SMP yang berada di Distrik Sentani. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil dari kegiatan PkM ini memberikan kontribusi yang efektif atau pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan 20 orang guru PAK dalam memanfaatkan administrasi pembelajaran berbasis teknologi. Sehingga, kemampuan ini dapat digunakan untuk meningkatkan standar pengajaran di dalam kelas. Dengan mengintegrasikan Kahoot dan TeamViewer ke dalam pengembangan guru PAK, banyak manfaat yang dapat diperoleh, termasuk peningkatan kecakapan teknologi di antara 20 orang guru PAK, aksesibilitas pendidikan yang lebih luas, peningkatan efisiensi pembelajaran, dan peningkatan kolaborasi.

 

 


Keywords


Guru Pendidikan Agama Kristen, Teknologi, Kompetensi, Manajemen Pembelajaran, SMP se-Distrik Sentani

Full Text:

PDF

References


Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., Karuru, P., & Hamsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Dina, L. N. A. B. (2023). Model Pembelajaran IPS SD/MI Untuk Memfasilitasi Pengembangan Keterampilan Abad 21. IPS Kependidikan Dasar.

Elok Endang Rasmani, U., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Eka Nurjanah, N., Shofiatin Zuhro, N., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., Kristiani Wahyu Widiastuti, Y., Diah Putri Nazidah, M., & Ayu Sekar Prashanti, N. (2023). Implementasi Manajemen Pembelajaran Proyek Berbasis Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.265

Fazriyah, N., Saraswati, A., Permana, J., & Indriani, R. (2020). Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Media dan Sumber Pembelajaran SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1). https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.119

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1).

Hadi, D., Sari, D. M., Priyantoro, D. E., Latifah, N., & Ilham, I. (2023). Menigkatkan Religiusitas Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Aplikasi Kahoot dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 433–442.

Hazal Fitri. (2015). Manajemen Pelaksanaan Pembelajaran ICT di SD Negeri 46 Kota Banda Aceh. Visipena Journal, 7(2). https://doi.org/10.46244/visipena.v7i2.332

Iman, N. (2020). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Kimia Terhadap Kuis Berbasis Platform Online Sebagai Media Evaluasi Belajar. Jakarta: FITK IIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Lisnani*, L., & Emmanuel, G. (2020). Analisis Penggunaan Aplikasi KAHOOT dalam Pembelajaran IPA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2). https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.16018

M. Ardiansyah. (2020). Pemanfaatan Aplikasi KAHOOT! Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2). https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.1136

Malatuny, Y. G. (2020). Percikan Gagasan: Menelaah Problematika Kontemporer Kewarganegaraan. Deepublish.

Malatuny, Y. G. (2022). Literasi Media: Menjawab Tantangan di Era Konvergensi Media. Deepublish.

Malatuny, Y. G., Labobar, J., & Labobar, B. (2020). Literasi Media: Preferensi Warga Negara Muda di Era Disrupsi. Journal of Moral and Civic Education, 4(1). https://doi.org/10.24036/8851412412020225

Miriam, S., Salam, A., Dewantara, D., Zainuddin, Z., Sianipar, B., Hidayat, M. R., Wardani, N., Masropah, M., & Zia, R. (2023). Pelatihan Pembelajaran Inovatif yang Bermuatan Lingkungan Lahan Basah di MA Sultan Sulaiman untuk Optimalisasi Kemapuan Pedagogik Guru. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 1687–1694.

Mukmin, S. (2023). Analisis Perbandingan Kinerja Teamviewer Dan Ultravnc Pada Jaringan Laboratorium SMAN 1 Kuta Baro. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01). https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769

Nurdiansyah, N. M., Arief, A., Agustin, F. R., Hudriyah, H., Muassomah, M., & Mustofa, S. (2021). Education Reconstruction: A Collaboration of Quiz Team and Kahoot Methods in Learning Arabic. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 22(2). https://doi.org/10.24036/komposisi.v22i2.111436

Nurfadillah, L., Triatmaja, D., Wirahayu, W., & Sitepu, I. (2023). Implementasi Manajemen Pembelajaran Psikologi Pendidikan di Sekolah. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.56832/edu.v1i3.162

Nurwendary, W., Sriwedari, T., & Herliani, R. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Game Edukasi. JAKPI - Jurnal Akuntansi, Keuangan & Perpajakan Indonesia, 11(1). https://doi.org/10.24114/jakpi.v11i1.48013

Ochi Marshella Febriani, Suhendro Yusuf Irianto, & Dona Yuliawati. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Google Form dan Google Slide Bagi Guru SMP Negeri 30 Pesawaran Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Berbasis Online. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(7). https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i7.686

Rahmah, N., Hartono, H., & Nurlinda, N. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kahoot dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Biologi 1 SMA Negeri 5 Soppeng. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 436–441.

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1). https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391

Riana, A. (2017). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menggunakan Media Pembelajaran Information and Communication Technology (ICT) di Sekolah Dasar Negeri Sekecamatan Sukajadi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Rimang, S. S., & Ulviani, M. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Sastra Bagi Guru Bahasa Indonesia Berbasis VSDC Editor di SMP 1 Bonto Ramba. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(2), 363–372.

Saidah, K., Mujiwati, E. S., Permana, E. P., Wiguna, F. A., Damayanti, S., Mukmin, B. A., Hunaifi, A. A., Laila, A., Basori, M., Wahyudi, W., & Kurnia, I. (2022). Pelatihan Pembuatan Soal Kognitif Berbasis Aplikasi Android Kahoot untuk Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Insani Kediri. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(1). https://doi.org/10.29407/ja.v6i1.16895

Sriwijayanti, R. P., & Efendi, A. (2022). Implementasi Manajemen Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 2 Bantaran. Consilium: Education and Counseling Journal, 2(2). https://doi.org/10.36841/consilium.v2i2.2062

Studio, M. M. (2010). Teknik Remote PC. Elex Media Komputindo.

Wang, A. I., & Tahir, R. (2020). The effect of using Kahoot! for learning – A literature review. Computers and Education, 149. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103818

Wijayanti, S. W., Masbukhin, F. A. A., Sausan, I., Suciana, D., & Wathi, A. F. D. (2023). Pelatihan Kahoot! pada Guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Tangerang Selatan Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan TPACK dalam Pembelajaran. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 1467–1475.

Yusmar, F., Putra, P. D. A., Ahmad, N., & Wicaksono, I. (2023). Pelatihan Model Project-Based Learning (PjBL) Berbasis STEM di SMP Negeri 2 Masesan, Bondowoso. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 1437–1442.

Zoebaidha, S. (2020). Penggunaan Media Prezi dan Kahoot Serta Pemberian Reward Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p213--233




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v6i1.7096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yakob GodlifMalatuny, Fredrik Warwer, Julianus Labobar, Dorce Butu, Santy Layan, Nurhayati Banga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats