Pelatihan Pengolahan Nilai Dan Analisis Butir Soal Dan Hasil Belajar Berbasis Ms. Office Excel di SMP Islam Al-Azhar NW Kayangan

Dahlia Rosma Indah, Hendrawani Hendrawani, Yusran Khery, Suryati Suryati, Husnul Hatimah

Abstract


Melakukan pengelolaan nilai, analisis butir soal dan hasil belajar siswa merupakan kewajiban setiap guru. Dengan begitu, guru akan dapat melakukan diagnosa masalah dalam pembelajaran, menyimpulkan tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran, dan memutuskan program tindak lanjut. Permasalahan yang ada di SMP Islam Al-Azhar NW Kayangan adalah, hanya sebagian kecil guru yang melakukan analisis butir soal dan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan dokumen analisis hasil belajar yang ada. Hal tersebut disebabkan oleh sebagian besar guru menganggap anlisis butir soal dan hasil belajar sebagai kegiatan yang rumit dan memeerlukan waktu yang sangat banyak. Hampir semua guru tidak menguasai program yang dapat digunakan untuk mengolah data angka. Masalah ini dapat diatasi jika guru memiliki kemampuan mengoperasikan program Ms. Office Excel sehingga proses pengolahan nilai, anlaisis butir soal dan hasil belajar dapat dilakukan dengan lebih efisien. Kegiatan telah terselenggara dengan baik. Respon peserta kegiatan sangat baik dengan skor rata-rata penilaian total yakni 82.5

Full Text:

PDF

References


Andrizon. 2013. Tutorial Flash pembuatan media interaktif. UNY: Laboratorium Komputer.

Badi, H. J. Zeki, A.M. Faris, W. F. Othman, R. B. 2013. Animation as a Problem Solving Technique in Mechanical Engineering Education.International Jurnal of Scientific & Engineering Reseach.Vol. 4.No. 5.ISSN 2229-5518.

Dewi, Citra Ayu & Ahmadi.2014. Pengaruh Pembelajaran SAVI Berbasis Media Simulasi Interaktif Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Materi Elektrokimia. Jurnal Prisma Sains. Vol. 2 No.1. ISSN 2338-4530.

Dinas Pendidikan, Olahraga dan Kebudayaan. 2015. Jumlah Sekolah SMA dan kelas.Kabupaten Lombok Barat.

Meyer, David E & Sargent, Andrew L. 2007.An interactive computer program to help students learn molecular symmetry elements and operations.Journal of chemical education, 84(9): 1551.

Waryanto, Nur Hadi. 2009. Teknik Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Macromedia Flash. UNY: FPMIPA.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v1i1.906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdi Masyarakat



View AbdiMas Stats