Pendampingan Peningkatan Penyelesaian Soal Berbasis Masalah pada Siswa SMKN 2 Bima

Azra Fauzi, Ewisahrani Ewisahrani

Abstract


Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pendampingan penyelesaian soal berbasis masalah pada siswa SMKN 2 Bima. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari: a) persiapan, b) pendampingan, c) Implementasi,  dan evaluasi serta  refleksi. Subjek penelitian ini adalah 12 siswa SMKN 2 Bima yang lulus tes awal penjaringan awal olimpiade tingkat sekolah. Hasil kegiatan pengabdian ini berupa hasil kerja siswa selama proses pendampingan, lembar observasi selama proses kegiatan pendampingan dan  evaluasi hasil pendampingan. Hasil dari pengabdian ini adalah kegiatan pendampingan yang di dalamnya terdapat langkah-langkah: a) Analisis pendahuluan, b) penyusunan soal pemecahan masalah, c) Kegiatan pendampingan, d) kegiatan akhir yang berupa refleksi kegiatan

Full Text:

PDF

References


Bicknell, B. (2008). Gifted Students and the Role of Mathematics Competition. APMC 13,4(4), 16–20.

Darhim. (2012). Pengaruh Pembelajaran Matematika Kontekstual terhadap Sikap SiswaSekolah Dasar. [Online] Tersedia:

Fakhrudin.(2010). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Hidayat, E. (2009). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Menggunaka Pendekatan Matematika Realistik. Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

IMO. International of Mathematics Olympiad. Diakses pada 17 Oktober 2016 dari www.imoofficial.org

Ratnaningsih, N. (2003). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematik Siswa SMUMelalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Russefendi, E.T. (2010). Perkembangan Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sutawijaya,A dan Afgani,J. (2011). Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v1i2.909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdi Masyarakat



View AbdiMas Stats