Workshop Meningkatkan Kualitas Pengasuhan dan Keterampilan Orang Tua Dalam Pengasuhan Dan Pembinaan Tumbuh Kembang Anak

Eneng Garnika

Abstract


Orang tua merupakan guru pertama dan utama, namun tidak ada sekolahan khusus untuk menjadi orang tua. Orang tua harus mau dan terus belajar untuk menerapkan pola asuh yang positif pada anak, sehingga dapat membentuk karakter positif masa selanjutnya. Ilmu pengasuhan dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti: seminar, workshop, pelatihan, buku-buku bacaan tentang pola asuh dan media lainnya. Pada dasarnya ada enam pilar penting dalam pengasuhan anak, antara lain: kemitraan/kerjasama ayah dan ibu, 4B (belailah, bicaralah, bermain dan berpikir), kesepakatan orang tua dan anak, memahami emosi anak, gaya bahasa positif, pola asuh tanpa hukuman. Pola pikir para ayah masa kini sudah mulai bergeser dan berannggapan bahwa mencari nafkah bukan tugas satu-satunya. Peran ayah dalam mendidik dan mengasuh anak sangat besar, keterlibatan ayah dalam mengasuh anak sangat penting dan dapat memberikan konstribusi positif bagi anak dalam kehidupan selanjutnya. Beberapa hal yang akan dimiliki anak saat ayah ikut andil dalam mengasuh anak, antara lain: lebih percaya diri, lebih pintar, berani mengambil resiko, pandai bergaul, lebih disiplin, berani mencoba hal baru, lebih toleran dan pengertian, lebih aktif, lebih kreatif dan lebih spontan

Full Text:

PDF

References


Byron. T. 2009. Ensiklopedia Perkembangan Anak. Jakarta: Esensi.

Morrison. G. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Noe’man. R R. 2012. Amazing Parenting. Jakarta: PT Mizan Publika

Nutbrown. C dan Clough .C. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yamin.M dan Sabri.J. 2012. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada Press

Group.

Yuliani NS. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Ratuliu. M. 2017. ParenThink. Jakarta: Noura Books.

Semmelroth.C. 2008. The Anger Habit In Parenting. Bandung: Kaifa.

--------. 2014. Menjadi Orang Tua Hebat Dalam Mengasuh Anak (Usia 0-6 tahun). Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional.

--------. 2017. Menjadi Orang Tua Hebat Dalam Mengasuh Anak (Usia 0-6 tahun). Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v1i1.939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdi Masyarakat



View AbdiMas Stats