Sosialisasi Peningkatan Pengetahuan Program Latihan Pada Pelatih Dan Pembina Pencaksilat Kabupaten Lombok Tengah

Nune Wire Panji Sakti, Supriadin Supriadin, Adi Suriatno, Sukarman Sukarman, Rusdiana Yusuf

Abstract


Latihan adalah proses penyempurnaan berolahraga melalui pendekatan ilmiah, khususnya prinsip-prinsip pendidikan, secara teratur dan terencana sehingga mempertinggi kemampuan dan kesiapan olahragawan, (Ambarukmi, et al,  2007). Latihan atau training adalah penerapan dari suatu perencanaan untuk meningkatkan kemampuan berolahraga yang berisikan materi teori dan praktek, metode, dan aturan pelaksanaan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang akan dicapai (Sukadiyanto dan Muluk, 2011). Sedangkan pendapat dari Chu & Myer (2013) “latihan merupakan suatu kegiatan yang sistematis dalam waktu yang panjang, ditingkatkan secara bertahap dan perorangan, yang bertujuan membentuk manusia yang berfungsi fisiologis dan psikologisnya untuk memenuhi tuntutan tugas”. Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa latihan adalah proses yang sistematis dari berlatih atau bekerja, yang dilakukan secara berulang-ulang, dengan kian hari kian bertambah jumlah beban latihannya. Pencak silat merupakan salah satu budaya asli bangsa indonesia. Dimana sangat diyakini oleh para pendekarnya dan pakar pencak silat bahwa masyarakat Melayu saat itu menciptakan dan mempergunakan ilmu beladiri ini sejak di masa prasejarah, karna pada masa itu manusia harus menghadapi alam yang keras dengan tujuan mempertahankan kelangsungan hidupnya (survive) dari berburu melawan binatang buas dan pada akhirnya manusia mengembangkan gerak-gerak beladiri. Kabupaten Lombok Barat memiliki penurunan prestasi khususnya pada cabang olahraga pencaksilat, mereka selalu ketertinggalan dalam hal prestasi atlet pencaksilat. Dilihat dari segi fisik, mereka sebenarnya bisa unggul dari atlet kota Mataram dan Sumbawa, yang selalu melihatkan progress yang begitu pesat dan hebat dalam hal prestasi. Saya sebagai akademisi melihat problem yang terjadi adalah kesalahan program latihan yang diterapkan, dan keegoisan sang pelatih yang selalu percaya program latihan yang tidak terukur.    

Berdasarkan problem itulah, FPOK sebagai satu-satunya fakultas dilingkungan IKIP Mataram yang telah menunjukkan perkembangannya yang terus maju dan inovatif dalam bidang olahraga dari sejak awal berdiri hingga sekarang, sehingga saya selaku akademisi yang lahir di  Kabupaten Lombok Tengah, yang prihatin dalam hal perkembangan pencaksilat di Kabupaten kelahiran saya tersebut. Ingin memberikan perhatian lebih dalam memberikan program latihan yang tepat dan terukur terhadap pelatih dan pembina sesuai cabang olahraga pencaksilat di Kabupaten Lombok Tengah.

Full Text:

PDF

References


Aip Sarifudin, Organisasi dan Tatalaksana Penyelenggaraan Pertandingan Olahraga, untuk SPG, SGO, SGPLB, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 1981.

Edward. F, etal, The Organization and Administration of Physical Education, New York, Appleton-Century-Crofts, Inc., 1978.

Harsono. 2001. “Latihan Kondisi Fisik”. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPLTK.

Husdarta JS. Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Bahan Perkuliahan MKDU, Olahraga dan Kesehatan IKIP Bandung, 1988.

Imanudin, I. 2008. “Ilmu Kepelatihan Olahraga”. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kemenegpora Republik Indonesia. 2005. “Panduan Penetapan Parameter Tes Pada Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pelajar dan Sekolah Khusus Olahragawan”. Jakarta: Kemenegpora. Asdep Pengembangan Tenaga dan Pembina Keolahragaan. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi dan Iptek Olahraga.

KONI Pusat, (2017), Susunan Pengurus KONI Pusat, KORWIL, KONI Induk Organisasi Cabang Olahraga dan Badan Fungsional.

Sajoto.1988. “Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan dan Kondisi Fisik dalam Olahraga”.

Sukadiyanto dan Muluk, D. 2011. “Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik”. Bandung: CV. LUBUK AGUNG. Halaman, 26, 35, 45, 60, 118




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v1i1.950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdi Masyarakat



View AbdiMas Stats