Strategi Tata Kelola Administrasi Pada Perguruan Tinggi Berbasis Electronic Records

Hardiansyah Hardiansyah, Agus Fahmi

Abstract


Tata kelola administrasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah cara lembaga mengatur, mengelola, dan menyimpan data/arsip yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan administratif lembaga Perguruan Tinggi, mulai dari tingkat pimpinan sampai ke tingkat mahasiswa. Tata kelola tersebut merupakan kegiatan yang perlu dilakukan secara efektif dan efisien agar dapat menunjang produktivitas perguruan tinggi. Sejauh ini, pengelolaan administrasi di Perguruan Tinggi masih dilakukan secara konvensional. Hal ini terlihat dari banyaknya berkas dan arsip perguruan tinggi yang menumpuk di ruangan dan lemari arsip. Sehingga, untuk mencari kembali dokumen yang telah tersimpan di lemari membutuhkan waktu yang cukup lama, disamping itu harus membongkar semua dokumen yang sudah tersusun sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, kemudian dirangkaikan dengan Rancangan Penelitian Tindakan (Action Research) ini memanfaatkan data kuantitatif dengan data kualitatif seperti metode campuran yang terfokus pada terapan teknologi. Ternyata penggunaan Electronic Records dalam tata kelola administrasi maupun kegiatan administratif lainnya di Perguruan Tinggi sangat efektif. Seluruh data hasil kegiatan dan arsip tersimpan secara rapi dalam biliknya masing-masing, klasifikasi data tertata, dan pencarian data cukup efisien. Penggunaan Electronic Records yang dapat terkontrol secara sistematis terhadap arsip dinamis sejak saat penciptaan atau penerimaan, pengolahan, distribusi, penataan, penyimpanan, temu balik sampai dengan pemusnahannya. Penerapan Electronic Records pada perguruan tinggi cukup relevan dengan perkembangan dan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi saat ini, program tersebut menjadi perhatian utama sehingga menjadi bentuk tata kelola administratif secara permanen khususnya di IKIP Mataram

References


Adikara, Fransiskus. 2013. Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi Perguruan Tinggi Berdasarkan COBIT 5 pada Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak Universitas Esa Unggul. Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO), 131 – 136.

Engkoswara, dkk. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fitroh. 2012. Penilaian Tingkat Kematangan Tata Kelola TI pada Sistem Informasi Manajemen Akademik. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012).

Grembergen, W.S. 2009. Enterprise Governance of Information Technology. USA: Springer

H. Gunawan Ary, 2011. Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta : Rineka Cipta.

Indrajit, R. Eko dan Djokopranoto, R. (2006). Manajemen Perguruan Tinggi Modern. Yogyakarta : Andi

Mirmani, Anon. (2005). Proses Analisis Kegiatan Untuk Membangun Klasifikasi Dokumen Di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan Vol.1.No.2, Juni 2005.

Purwanto. 2010. Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja COBIT dalam Mendukung Layanan Sistem Informasi Akademik Studi Kasus: Universitas Budi Luhur. Jurnal TELEMATIKA MKOM, Vol.2, 41-52.

Sugiarto, Agus dan Wahyono, Teguh (2005). Manajemen Kearsipan Modern : Dari Konvensional Ke Basis Komputer. Yogyakarta : Penerbit GavaMedia.

Sulistyo-Basuki.(2003). Manajemen Arsip Dinamis : Pengantar, Memahami danmengelola Informasi dan dokumen. Jakata : Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/.v0i0.406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.