Peningkatan Kemampuan Keterampilan Kooperatif Pada Mata Kuliah IPA Terpadu Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw

Nursina Sari, Yuni Mariyati

Abstract


Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari alam sekitar secara ilmiah dan berbagai penerapannya banyak di sekitar kita. IPA dan teknologi dalam abad ini mengalami perkembangan yang pesat dan akan lebih pesat pada abad-abad yang akan datang. Dengan begitu perlu dipelajari pada setiap jenjang pendidikan dan menjadi salah satu pengukur (indikator)keberhasilan peserta didik selama menempuh suatu jenjang pendidikan. Dari hal tersebut sekiranya persoalan dalam pemilihan model mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar karena dapat membantu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Metode penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki 4 tahapan: (a) persiapan, (b) Pelaksanaan, (c) Observasi, dan (d) refleksi. Penggunaan  model cooperative learning tipe jigsaw diharapkan dapat mengatasi masalah: (1) Rendahnya kemampuan keterampilan kooperatif peserta didik, (2) Bagaimana keterlaksanaan dari penerapan model kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA Terpadu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan,dapat disimpulkan bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA terpadu dapat meningkatkan kemampuan keterampilan kooperatif peserta didik yang terukur pada siklus II sebesar 51.5% dengan kriteria sedang, (2) Penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA terpadu terlaksana dengan baik, dengan tingkat keterlaksanaan pada siklus I sebesar 93,05 %, dan siklus II sebesar 97,22%,sehingga besar tingkat keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yaitu 4,17%.

References


Dadan Rosana. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Prodi. IPA: FMIPA, UNY.

Deni Kurniawan. (2011). Pembelajaran Terpadu. Bandung: Pustaka Cendikia Utama

Miftahul Huda. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Kencana.

Utika Widi Yunitasari, & Ariyanto. (2016). Peningkatan Minat Belajar Matematika melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, ISSN: 2528-4630, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/.v0i0.434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.