Studi Penerapan Pendidikan Karakter Di Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Yasser Arafat

Abstract


Visi pendidikan nasional di masa depan telah dirumuskan secara ideal dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan  Nasional di mana muatan materinya dirancang secara komprehensif dan integratif yaitu untuk berkembangnya peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu,cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung. Tujuan tersebut sejalan dengan tujuan Pendidikan Tinggi yakni a. beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, b. memiliki etika (sopan sopan santun dan beradab), c. memiliki penalaran yang baik terutama di bidang keahliannya (berwawasan ke depan dan luas, mampu mengambil data dengan akurat dan benar, mampu melakukan analisa, berani mengemukakan pendapat, berani mengakui kesalahan, beda pendapat dan mengambil keputusan mandiri d. Kemampuan berkomunikasi/sosial (tertib,sadar  perundang-undangan,  toleransi,  menghargai  hak  orang  lain,  dapat berkompromi) e. Memiliki kemampuan berkompetisi secara sehat f. dapat mengurus dirinya dengan baik. Penelitian ini adalah Library Research (Penelitian Kepustakaan) yaitu penelitian yang melakukan studi kepustakaan atau   literatur dengan membaca dan mempelajari berbagai dokumen yang membahas tentang penerapan pendidikan karakter berupa buku-buku, dokumen, jurnal, kurikulum di tiap program studi di STKIP Bima dan berbagai peraturan lainnya. Adapun Penerapan Pendidikan Karakter di STKIP Bima berdasarkan kurikulum yang diterapkan masih didasarkan pada pengelompokkan mata kuliah sesuai dengan amanat kurikulum nasional di mana pendidikan karakter ditekankan pada Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) yang terdiri dari Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Sedangkan untuk mengembangkan life skil (ketrampilan hidup, dan kreatifitas) mahasiswa    dikembangkan melalui kegiatan Co-Kurikuler dan Ekstra kurikuler yang tersedia di dalam Kampus STKIP Bima yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti Koperasi Mahasiswa (KOPMA), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), Sanggar Seni Gong 96, Lembaga Dakwah Kampus (LDK), Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Londa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM).

References


Andang, 2014. Kebijakan Kurikulum Reorientasi Pendidikan Nasional Melalui Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013. UMM Press Malang.

Mulyasa, 2013. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung : Rosdakarya.

Muhammad Rohman, 2012. Kurikulum Berkarakter Refleksi dan Proposal Solusi Terhadap KBK dan KTSP. Prestasi Pustaka Publisher.

Kemendikbud, 2012. Pengembangan Kurikulum 2013. Strategi Implementasi Kurikulum 2013. R.Eko Indrajit dan R.Djokoprapnoto (2006). Manajemen Pendidikan Tinggi. Andi Yogjakarta.

Samani dan Hariyanto, 2012. Konsep dan Model, Pendidikan Karakter. CV. Andi Offset. Yogjakarta.

Peraturan-Peraturan :

Undang-Undang No.20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Kurikulum Program Studi di Lingkup STKIP Bima

Peraturan Akademik di Lingkup STKIP Bima

Pedoman Akademik di Lingkup STKIP Bima

Rencana Induk Pengembangan Kampus STKIP Bima

Statuta STKIP Bima




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/.v0i0.448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.