PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL BERBANTUAN MEDIA APLIKASI ANDROID TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR

Nova Rizkiyansyah, Yusran Khery, Citra Ayu Dewi

Abstract


Dewasa ini hadirnya teknologi berbasis mobile dalam pembelajaran menjadi pilihan karena menghadirkan kenyamanan dalam aksestabilitas dan proses yang lebih baik. Bagaimana dampak hadirnya teknologo mobile dalam pembelajaran berbasis CTL merupakan isu yang masih perlu dipelajari. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui pengaruh media aplikasi android dalam penerapan model pembelajaran CTL terhadapmotivasi dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di MA Arraufiyah Jenggik Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA. Sampel diambil dengan menggunakan teknik non probablity sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi adalah angket motivasi, sedangkan hasil belajar diukur menggunakan tes pilihan ganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah (1) motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen  meningkat dengan nilai 81,61% dengan kategori motivasi tinggi dan kelas kontrol 61,18% dengan kategori motivasi sedan, (2) hasil belajar siswa memiliki signifikansi sebesar 0,003 < 0,005.Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan media aplikasi android terhadap  motivasi dan hasil  belajar siswa pada materi sistem periodik unsur.


References


Aqib. 2013. Model-Model,media, dan setrategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: CV. Yarma Widya.

Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:RinekaCipta

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2014. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fakhrul Rijal. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Konsep Tumbuhan Hijau di Kelas V Min Tungkob Aceh Besar, skripsi. UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor. Ghalia Indonesia.

Hugiono. 1987. Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta. Bina Aksara.

Indra Fitri Yuliana, dkk, 2014. Model pembelajaran CTL Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Smk Gajah Mada Bandar Lampung. Skripsi. FKIP UnilaJalan. Bandar Lampung.

Menrisal, Julia Defida. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar TIK.

Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Muliarni. 2016. Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan ontetual Teahin nd earnin (CTL) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Guru Indonesia - JPGI (2016) Vol 1 No 1 Print ISSN: 2541-3163 - Online ISSN: 2541-3317.

Nila Merdeka Wati. 2015. Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kebondalem Lor. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Riduwan. 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung: PT Alfabeta.

Sardiman, A.M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi aksara. Jakarta.

Syahrir, S., & Kusnadin, K. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar yang Menyenangkan dan Menantang. Media Pendidikan Matematika, 1(2), 145-157.

Trianto. 2013. Mendisain Pembelajaean Kontekstual (Contekstual Teaching And Learning) Di Krlas. Jakatra: cerdas pustaka publisher.

Tutut Rahmawati. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana.




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/.v0i0.879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.