PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X

Syamsidah Syamsidah, Yusran Khery, Ratna Azizah Mashami

Abstract


Penerapan TIK dalam pembelajaran sangat diperlukan karena merupakan  salah satu tuntutan dalam menerapkan kurikulum. Salah satu TIK yang dapat diterapkan adalah video pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran kimia terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X  pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis quasi eksperimen yang dilaksanakan melalui rancangan” posttest-only control group design”. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan Media Video Pembelajaran Kimia dan kelas kontrol dengan metode konvesional.Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Data motivasi belajar siswa diperoleh menggunakan angket sedangkan hasil belajar siswa menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) ada pengaruh video pembelajaran kimia terhadap  motivasi  belajar.  Hal ini dibuktikan oleh signifikan uji  Z 0.00< 0,05 .Rata-rata motivasi kelas eksperimen (68.35) dan lebih tinggi daripada kelas kontrol (60.39) (2) tidak ada pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan signifikan uji t 0.296> 0.05. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen73.8  dan kontrol 68.8.

References


Arief S. Sadiman. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2016. Menejemen Penelitian (Edisi Reisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. (2013). Media Pembelajaran ManualdanDigital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Khasanah, 2011. Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Inkuiri Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Skripsi: UIN Syarif Hidayatulah

Khery, Y. (2015). Kesadaran Metakognitif, Proses Sains, dan Hasil Belajar Kimia Siswa Divergen dan Konvergen dalam PBL. Jurnal Pendidikan Sains,(Online), 4(1), 343-351.

Khery, Y. (2015). Kesadaran Metakognitif, Proses Sains, dan Hasil Belajar Kimia Siswa divergen dan Konvergen dalam PBL. Jurnal Pendidikan Sains,(Online), 4(1), 343-351.

Khery, Y., & Pahriah, P. (2016). Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Mahasiswa Kimia Umum dalam Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 1(1), 66-72.

Pebriani, C. The Effect of Video Media on Learning Motivation and Cognitif Learning Outcomes in Natural Science Subject of the Fifth Grade Students of Elementary Schools. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11-21.

Rohmawati, L., Suyono. 2012. Penerapan Model Pembelajaran ConceptualChangeUntuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi PokokAsam Dan Basa Di Kelas XI IA SMAN 2 Bojonegoro. ProsidingSeminarNasionalKimiaUnesa 2012. Jurusan Kimia FPMIPA: Universitas Negeri Surabaya.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Solihah, Siti. 2012. Pengembangan Keterampilan Berpikir Logis dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Koloid. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Thomas A T Nugroho. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Keterampilan Proses IPA Dan Hasil Belajar (pada siswa kelas v SDN Rejowinangan 1 Yogyakarta) universitas negri yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/.v0i0.887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.