PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs N KUTE LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nursairah Pua, Sutarto Sutarto, Yuntawati Yuntawati

Abstract


Masih rendahnya motivasi belajar matematika yang dimiliki siswa MTs Negeri Kute dilihat dari observasi awal dimana dilihat dari hasil angket motivasi belajar yang sebelumnya telah dibagikan untuk diisi oleh siswa yang mencapai kategori cukup untuk setiap indikator. Dari sudut lain untuk belajar sangat diperlukan adanya motivasi. Hasil belajar akan menjadi optimal kalau ada motivasi. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Problem Posing terhadap motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni sampai Juli 2017 di MTs Negeri Kute Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimen dengan rancangan pre-test dan post-test Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik claster random sampling. Sampel penelitian ada dua kelas yang berjumlah 17 siswa untuk kelas eksperimen dan 17 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa angket motivasi belajar dan tes yang berupa pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat peningkatan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hai ini ditunjukan analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata kedua kelas yang diperoleh nilai thitung  sebesar 0,449, sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (dk) = 16 sebesar 2,042. Sehingga hipotesis altarnatif (Ha) ditolak. Dengan demikian, tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Posing terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri Kute Lombok Tengah tahun pelajaran 2016/2017

Full Text:

PDF

References


Abdul M. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto,S. 2014. Prosedur penelitian suatu pendekatan dan praktik.. Jakarta: Rineka Cipta.

Aripin. 2013. “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Arians Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 3 Pringgabaya Kelas VII Materi Bilangan Bulat Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan Matematika.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta.

Hastuti, I.D. 2016. Pergeseran aktivitas metakognitif siswa dalam pemecahan masalah matematika. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Herawati, O. D. P., Siroj, R. Dan Basir, D. 2010. “Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4 (1).

Hudoyo, H. 2010. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Lilik, P. 2014.” Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Kampak Trenggalek Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan Matematika.

Miftahul, H. 2013. Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman A.M, 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajawali

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R &D. Bandung: ALBETA.

Bambang S, 2009. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Yang Dilengkapi Dengan Model Pembelajaran Problem Posing Pada Mata palajaran Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X Negeri Kota Surakarta”. Tesis Pendidikan Matematika.

Suherman, E,. dkk. 2013. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sutarto. 2016. Proses conjecturing siswa dalam pemecahan masalah generalisasi pola. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Sutarto, Nusantara, T., Subanji, & Sisworo (2016). Local conjecturing process in the solving of pattern generalization problem. Educational Research and Reviews. 11(8), pp. 732-742 DOI: 10.5897/ERR2016.2719

Thabroni, M. Dan Mustofa, A. 2013. Belajar dan Pembelajaran; Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Yoyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Surabaya: Prestasi Pustaka.

Zahro, 2010. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Sistem Hormon Kelas XI MA Muallimin Muallimat Rembang. “ Jurnal Pendidikan Biologi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats