PENGEMBANGAN BUKU AJAR MICROTEACHING BERBASIS PRAKTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR CALON GURU

Ade Kurniawan, Masjudin Masjudin

Abstract


Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan perkuliahan Microteaching di IKIP Mataram adalah belum adanya buku ajar microteaching. Akibatnya, dosen dan mahasiswa kesulitan dalam mencari referensi yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan perkuliahan. Mahasiswa seringkali hanya menggunakan referensi yang didownload dari blog-blog yang tidak terjamin kebenarannya. Akibatnya, mahasiswa tidak menguasai keterampilan dasar dalam mengajar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah Untuk menghasilkan buku ajar microteaching yang valid, dan efisien untuk meningkatkan keterampilan mengajar calon guru di IKIP Mataram. Buku ajar microteaching dikembangkan dengan menyeimbangkan antara teori dengan Praktik sesuai dengan beban mata kuliah microteaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini dirancang dengan mengacu pada model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dessimination).  Hasil penelitian ini baru mencapai tahap Develope. Teknik pengambilan data menggunakan lembar validasi buku ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor validasi buku mencapai rata-rata 84% yang berada pada kategori sangat valid.

Full Text:

PDF

References


Johan Wahyudi. 2009. Menulis untuk Masa Depan, Sunday 22 March 2009 (05:52).

Hamalik, Oemar. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Bambang, Hartono. 2010. Pengajaran Mikro: Strategi Pembelajaran Calon Guru/ Guru Menguasai Keterampilan Dasar Mengajar. Semarang: Widya Karya.

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono.2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masjudin. 2014. Teori Belajar Skinner Berbasis Talking Stick untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal “Media Pendidikan Matematika” Vol. 2 No. 1, Juni 2014, pp. 210-217, ISSN 2338-3836

Syahrir & Masjudin. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar yang Menyenangkan. Laporan Penelitian internal LPPM IKIP Mataram.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sardiman A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana

Sugiyono.2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Sukirman Dadang. 2012. Pembelajaran Micro Teaching. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats