PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI POKOK REAKSI REDUKSI OKSIDASI DI KELAS X MA

Baiq Puspa Erlian, Nusuki Nusuki, Lalu Saparwadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan konsep siswa setelah penerapan model pembelajaran ARIAS pada materi pokok reaksi oksidasi reduksi. Model pembelajaran ARIAS merupakan singkatan dari Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction. Model pembelajaran ini diawali dengan meningkatkan motivasi siswa agar percaya diri, kesesuaian materi pembelajaran dengan kebutuhan siswa, menarik minat dan perhatian siswa, serta penilaian hasil pembelajaran dan kepuasan siswa terhadap hasil yang dicapai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau classroom action research yang di terapkan pada siswa kelas X MA Syaikh Zainuddin NW Anjani Lombok Timur NTB yang berjumlah 29 orang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar kerja siswa (LKS), dan tes hasil belajar. Data penelitian yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya nilai aktifivitas dan penguasaan konsep hasil belajar siswa pada tiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus 1 nilai aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dilihat dari nilai dominan siswa pada proses pembelajaran yang diproleh pada pertemuan ke-1 sebesar 93.91, pertemuan ke-2 sebesar 97.09, dan pertemuan ke-3 sebesar 100, sedangkan  pada siklus II pertemuan ke-1 sebesar 97.50, pertemuan ke-2 sebesar 98.31, dan pertemuan ke-3 sebesar 100. Hasil ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan, hal ini membuktikan pada proses pembelajaran di dalam kelas didominasi dan lebih berpusat pada siswa dan guru hanya sebagai fasilitator dan motivator. Sedangkan untuk nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 79.31% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 93.10% dan persentasi peningkatan hasil penguasaan konsep siswa yaitu 13.79%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model ARIAS pada materi pokok reaksi oksidasi reduksi sudah efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa

Full Text:

PDF

References


Kriana, N.A., Waluyo, J. & Prihatin, J. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, And Satisfaction) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 4 MAN 1 Jember. (Vol. 3, No. 2, hal 73-82, Mei 2014).

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Berndorff, D., Hidi, S., & Ainley, M. (2002). Interest, Learning, and the Psychological Processes that Mediate their Relationship. Journal of Educational Psychology. 94(3):545–561.

Kemendikbud. (2013c). Permendikbud No.66 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No.104 tentang Pedoman Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik. Jakarta: Kemendikbud.

Prasetyo, Z.K. (2011). Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Sains. Yogyakarta: Pendidikan IPA FMIPA UNY. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/zuhdan-kun-prasetyo-med-dr-prof/handbook-pendidikan-karakter-2011.pdf. Diakses pada tanggal 4 Maret 2015.

Rahman, M. dan Amri, S. (2014). Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif dalam Teori dan Praktik untuk Menunjang Penerapan Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syahrir, Elma Heliati. 2017. Analisis Mind Map Siswa Kelas VII.C SMPN 6 Kopang. JIME. Volume 3 Nomor 1. ISSN 2442-9511. Hal. 421-434.

Syahrir, S. (2017). Application Of Cooperative Learning Model Index Card Match Type In Improving Student Learning Results On Composition And Composition Functions Of Functions Invers In Man 1 Mataram. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 414-420.

Syahrir. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. JIME. 2(1), 436-441

Slavin, R.E. (2011b). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats