MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS EDMODO

Liya Atika Anggrasari

Abstract


Dunia pendidikan dan kemajuan teknologi memiliki keterkaitan yang sangat erat. Hubungan keduanya menuntut adanya inovasi dalam dunia pendidikan yang lebih berkembang menuju era globalisasi. Guru sekolah dasar dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensinya agar menjadi profesional. Diharapkan guru tidak hanya mahir dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, tetapi juga harus mampu menguasai berbagai sarana teknologi pendukung dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu kompetensi guru sekolah dasar yang perlu ditingkatkan dalam hal penguasaan teknologi adalah pengembangan media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology). Pesatnya perkembangan ICT dalam dunia pendidikan telah melahirkan konsep baru dalam pembelajaran. Belajar tidak hanya dari dalam kelas, belajar tidak hanya melalui buku, belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pembelajaran yang demikian ini dikenal dengan istilah e-Learning atau pembelajaran online. Guru sekolah dasar dapat mengembangkan media pembelajaran online dengan memanfaatkan aplikasi Edmodo. Edmodo merupakan suatu layanan gratis yang memungkinkan guru dapat menciptakan dan mengkondisikan pembelajaran online dengan aman. Di dalam Edmodo guru dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polling untuk memeriksa pemahaman siswa, lencana penghargaan siswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku. Melalui pengembangan media pembelajaran online dengan memanfaatkan Edmodo diharapkan dapat menjawab tuntutan pendidikan pada abad 21 dan dapat meningkatkan profesionalisme guru di era globalisasi

Full Text:

PDF

References


Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network “Edmodo” dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK. Vol VI, No. 2.

Hamzah B. Uno. (2011). Profesi Kependidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Husdarta, Saputra. Y.M. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

I Kadek Suartama. 2010. Pengembangan Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 43, Nomor 3, hal. 253-262.

Moh. Uzer Usman. (2005). Menjadi Guru Profrsional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rosenberg, Marc. J. (2001). E-Learning : Strategies For Delivering Knowledge In The Digital Age. USA : McGraw-Hill Companies

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats