PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KERTOSARI I KABUPATEN MADIUN TAHUN AJARAN 2016/2017

Naniek Kusumawati

Abstract


Model pembelajaran Role Playing merupakan salah satu model pembelajaran yang menjadikan siswa didalam kelas untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Dalam model pembelajaran ini melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa ada perbedaan dan mengandung unsur permainan yang di berikan oleh guru untuk siswa, mereka dituntut untuk aktif dalam menyimak topik sehingga setiap siswa tidak bergantung pada siswa yang pandai saja dan mereka akan lebih semangat dalam menyelesaikan setiap permasalah yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan model pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Kertosari I dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Role Playing terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Kertosari I dengan materi yang diambil adalah perubahan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar dan variabel bebasnya adalah pengaruh model pembelajaran Role Playing. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Kertosari I yang berjumlah 38 siswa dengan rincian 20 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dengan tes. Instrumen yang digunakan adalah soal. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu nilai uji-t dapat diketahui bahwa nilai thitungadalah 12,67 sedangkan ttabeldengan taraf signifikan 5% diperoleh hasil 1,674. Artinya thitung=  12,67 > ttabel = 1,674, maka H0ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Kertosari I Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017

Full Text:

PDF

References


Agustiana, I dan Tika, I. 2013. Konsep dasar IPA. Yogyakarta: Penerbit Ombak (Anggota IKAPI).

Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyono. 2004. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Craciun, D. 2010. Role-Playing As A Creative Method In Science Education. Journal International (Online). (https://www.researchgate.net/publication/2666421090 Role-Playing As A Creative Method In Science Education), Diunduh 16 Maret 2016.

Hamdayana, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refrika Aditama.

Mulyasa, E. 2014. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sarwono, S. 2006. Akselerasi A-Z Informasi Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta: PT. Grasindo.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wisudawati, A dan Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats