ANALISIS KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN PENJASKES DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SEKARBELA

Arif Yanuar Musrifin, Andi Anshari Bausad

Abstract


Pendidikan pembelajaran penjaskes memberikan sokongan terhadap perkembangan karakter. Pelaksanaan proses pembelajaran yang ada di sekolah dasar memang merupakan poin penting untuk membentuk pendidikan karakter siswa, namun hal ini juga didukung oleh peran guru, perangkat pembelajaran seperti apa yang sudah dibuat sebagai pijakan atau dasar untuk mengajar. Melalui pembelajaran Penjaskes, karakter peserta didik sekolah dasar negeri di Kecamatan Sekarbela akan terbentuk dengan baik. Tujuan penelitian ini yang akan dicapai adalah (1) Mengukur hasil proses pembelajaran penjaskes melalui penerapan kurikulum pendidikan karakter pada karakter peserta didik kelas V se Kecamatan Sekarbela. (2) Mengidentifikasi nilai pendidikan karakter yang dicapai melalui pembelajaran penjaskes melalui penerapan kurikulum pendidikan karakter peserta didik kelas V se Kecamatan Sekarbela. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian populasi yang mengikutkan keseluruhan jumlah populasi sebagai sampel, sekolah dasar negeri yang ada di Kecamatan Sekarbela sebanyak 16 sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode Dokumentasi, Wawancara, Kuesioner atau Angket dan Observasi. Instrumen Kuesioner dalam penelitian ini menggunakan kuesioner nilai-nilai pendidikan karakter penelitian. Teknik analisis data, dalam penelitian ini statistik deskriptif yang. Hasil Penelitian (1) Rerata total hasil nilai-nilai pendidikan karakter di Kecamatan Sekarbela sebesar 77,86 (2) Rerata total prosentase setiap nilai-nilai pendidikan karakter di Kecamatan Sekarbela, kategori sikap nilai jujur sangat baik 61,47 %, baik 24,26 %, kurang 10,61 %, kurang 0,19 %. Kategori sikap nilai hormat sangat baik 56,64 % baik 29,11 %, kurang 13, 73 %, sangat kurang 0,52 %. Ketegori sikap nilai tanggung jawab sangat baik 34,42 %, baik 41,45 %, kurang 27,05 %, kurang sekali 0,67 %. Kategori sikap nilai adil sangat baik 46,14 %, baik 32,41 %, kurang 19,26 %, kurang sekali 2, 19 %. Kategori sikap nilai peduli sangat baik 48,37 %, baik 38,24 %, kurang 13,40 %, kurang sekali 0 %. Ketegori sikap nilai kewarganegaran sangat baik 58,58 %, baik 25,57 %, Kurang 15,01 %, Kurang sekali 0,84 %.  Kesimpulan (1) Hasil proses pembelajaran penjaskes melalui penerapan kurikulum pendidikan karakter pada karakter peserta didik kelas V se Kecamatan Sekarbela dalam kategori sangat baik. (2) Nilai-nilai Pendidikan Karakter yang dicapai melalui pembelajaran penjaskes melalui penerapan kurikulum pendidikan karakter pada karakter peserta didik kelas V se Kecamatan Sekarbela adalah nilai jujur, hormat dan kewarganegaraan dalam kriteria interprestasi skor baik.

Full Text:

PDF

References


Sunarno, A dan Sihombing, D. 2011. Metode Penelitian Keolahragaan. Surakarta: Yuma Pustaka.

Bausad, A.A. 2102. Implementasi model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran penjasorkes memberikan perubahan karakter peserta didik kelas V SDN Batang Kaluku Kab. Gowa. Gelora: Jurnal pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP Mataram. Vol. 2. No. 2. Mataram 2014.

Mutohir, C., dkk. 2011. Berkarakter Dengan berolahraga Berolahragalah Dengan Berkarakter. Surabaya: PT. Java Pustaka Group

Muh Yusuf, 2012. Membangun Karakter peserta didik melalui pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurnal Ilmiah SPIRIT, ISSN: 1411-8319 Vol.12 No. 1 Tahun 2012.

Rukmana, Anin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Nomor: 9 – April 2008.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zulnuraini, 2012. Pendidikan karakter: Konsep, Implementasi dan Pengembangan di sekolah dasar di kota Palu. Jurnal DIKDAS, No. 1 Vol.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats