PENGARUH PENGGUNAAN SENYAWA PENGEMBAN GABUNGAN TERHADAP PEMISAHAN LOGAM PERAK DENGAN TEKNIK SLM (SUPPORTED LIQUID MEMBRANE)

Baiq Irena Gufron, Yeti Kurniasih, Baiq Asma Nufida

Abstract


Dalam proses fotografi kristal AgBr digunakan sebagai bahan dasar pelapis lembaran film dan membentuk gambar hasil pemotretan sehingga dapat menghasilkan limbah yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan karena mengandung ion logam perak (Ag+) dalam bentuk kompleks perak tiosulfat ([Ag(S2O3)2]-3). Oleh karena itu perlu dilakukan pemisahan logam Ag sehingga logam tersebut tidak mencemari lingkungan dan dapat dimanfaatkan secara ekonomis. Salah satu cara untuk memisahkan logam Ag adalah dengan teknik membran cair berpendukung (SLM). Membran cair berpendukung memiliki tiga komponen penting yaitu fasa umpan yang mengandung komponen yang akan dipisahkan, fasa membran mengandung senyawa pengemban, dan fasa penerima mengandung komponen yang telah terpisahkan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan konsentrasi D2EHPA : TBP dan konsentrasi senyawa pengemban dalam fasa membran terhadap persen transpor logam perak melalui SLM. Untuk mendapatkan komposisi pengemban gabungan yang efektif dalam fasa membran dilakukan dengan memvariasikan perbandingan konsentrasi D2EHPA : TBP dalam fasa membran dan memvariasikan konsentrasi total senyawa pengemban dalan fasa membran. Pengukuran konsentrasi ion logam Ag+ sebelum dan sesudah transpor ditentukan dengan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA) pada panjang gelombang 328,22 nm.  Berdasarkan hasil penelitian bahwa persen transpor optimum diperoleh pada penggunaan senyawa pengemban gabungan  D2EHPA : TBP dengan perbandingan (0,75 : 0,25) dan konsentrasi total senyawa pengemban dalam fasa membran sebesar 1,5 M, dimana persen transport Ag yang diperoleh sebesar 58,00 %.

Full Text:

PDF

References


Djunaidi, M.C., dkk. 2007. “Recovery Perak dari Limbah Fotografi melalui Membran Cair Berpendukung dengan Senyawa Pembawa Asam Di-2-Etil Heksilfosfat (D2EHPA)”. Reaktor, Vol 11, No. 2, Hal : 98-103.

Harimu, La., dkk. 2010. “Separation of Fe(III), Cr(III), Cu(II), Ni(II), Co(II), and Pb(II) Metal Ions Using Poly(EugenylOxyacetic Acid) as an Ion Carrier by a Liquid Membrane Transport Method”. Vol. 10, No. 1, 69-74. Yogyakarta: Jurusan Kimia FPMIPA Universitas Gadjah Mada.

Nusa, I.D.,. 2010. “Metode Penghilangan Logam Berat (As, Cd, Cr, Ag, Cu, Pb, Ni, dan Zn) di dalam Air Limbah Industri”. JAI, Vol. 6, No. 2, 136-148. Jakarta pusat: Pusat Teknologi Lingkungan, BPPT.

Rumhayati, B. 2000. Transpor Lantanum melalui Membran Cair Berpendukung Ganda, Tesis Institut Teknologi Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats