PENGEMBANGAN MATERI AJAR ASAM, BASA, DAN GARAM PADA PELAJARAN IPA SMP KELAS VII DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Hildan Ernani, Zulkarnain Gazali

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi ajar asam, basa, dan garam dengan pendekatan inquiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan berorienasi pada produk. Pengembangan produk menggunakan model 4D (Thiagarajan) yang terdiri dari empat tahapan yaitu; define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Populasi penelitian ini ialah seluruh SMPN di kota mataram, sedangkan sampel penelitian sebagai tempat dilakukan uji coba yaitu SMPN 1 dan SMPN 7 Mataram. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi dan lembar observasi kerja ilmiah siswa. Ada dua jenis data yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, didapatkan bahwa materi ajar yang dikembangkan dapat meningkakan motivasi belajar siswa terlihat dari persentase hasil angket motivasi belajar siswa di SMPN 1 Mataram 72,35% dan SMP 7 Mataram 70,93% dengan kategori tinggi.

Full Text:

PDF

References


Damanik., Bukit. 2013. Analsis Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah pada Pembelajaran Fisika menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training (IT) dan Direct Instruction (DI). Jurnal Online Pendidikan Fisika. Volume 2 (1). ISSN 2301-7651.

Darliana, 2007. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam. IPA Terpadu. Bandung.

Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Soegiranto, M.A.(2010). Acuan Penulisan Bahan Ajar Dalam Bentuk Modul. Pokja Kurikulum dan Supervisi Pusat Pengembangan Madrasah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats