Manfaat Yoga dalam Meningkatkan Fleksibilitas dan Keseimbangan

Indriyani Indriyani

Abstract


Yoga telah dikenal sebagai praktik yang dapat meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. Dalam artikel ini, kami menyajikan latar belakang tentang masalah kekakuan otot dan kehilangan fleksibilitas yang sering terjadi akibat gaya hidup modern yang kurang aktif. Kami menjelaskan bagaimana yoga dapat membantu mengatasi masalah ini melalui gerakan-gerakan yang dilakukan dalam praktik yoga. Kami juga menyoroti pentingnya keseimbangan tubuh dan bagaimana yoga dapat membantu meningkatkan kekuatan inti dan koordinasi tubuh. Selain manfaat fisik, kami juga membahas manfaat psikologis yang diperoleh melalui praktik yoga, seperti mengurangi stres dan menciptakan perasaan ketenangan. Kami menyimpulkan bahwa yoga adalah pendekatan holistik yang efektif dalam meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. Penelitian lebih lanjut dan penggunaan metode penelitian yang lebih canggih dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang manfaat yoga dalam konteks ini.


Keywords


Manfaat Yoga, Fleksibilitas, Keseimbangan

Full Text:

PDF

References


P. L. Ju‐Young Park, David H. Newman, Jacinto J Garrido, Mary Lou Riccio, “The Effect of Chair Yoga on Biopsychosocial Changes in English- and Spanish-Speaking Community-Dwelling Older Adults with Lower-Extremity Osteoarthritis,” 2016.

Anak Agung Gede Eka Subama Putra, L. P. Mahyuni, and A. A. M. S. Putra, “Menakar Penerimaan Wajib Pajak atas e-Bupot dengan Pendekatan Technology Acceptance Model,” J. Ris. Akunt. Perpajak., vol. 8, no. 02, pp. 1–15, 2021, doi: 10.35838/jrap.2021.008.02.12.

I Gusti Agung Ayu Kartika and Made Krisna Adi Jaya, “Kombinasi Yoga dan Herbal dalam Pengobatan Beserta Efektivitasnya,” J. Yoga dan Kesehat., vol. 5, no. 2, pp. 170–182, 2022, doi: 10.25078/jyk.v5i2.1896.

R. Merdawati, L., Primagusty, R., Afriyanti, E., & Fatmadona, “engaruh Latihan Yoga Terhadap Kadar Gula Darah Pasien Diabetes Melitus Tipe 2.,” NERS J. Keperawatan, 2018.

D. P. Zuraida, Z., & Keta, “Pengaruh Kombinasi Yoga Dan Aroma Terapi Lavender Terhadap Tingkat Nyeri Dismenore Pada Remaja Putri Di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek,” Matern. Child Heal. Care, 2(2), pp. 151–162., 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/rehat.v4i2.6650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.