MANAJEMEN PEMBINAAN PPLM FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Noor Akhmad, Ali Muhaimin, P. Muhammad Yusuf

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data tentang pengelolaan dalam pembinaan PPLM Atletik dan Pencak silat  FIK UNM. Metode penelitian ini menggunakan observasi terus terang, structured interview, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan jenis triangulasi dilakukan hingga peneliti cukup dalam mendapatkan data yang diharapkan. Proses analisa data menggunakan model spradley untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalahsistem pengelolaan dalam pembinaan dengan demikian proses penyelenggaan manajemen PPLM FIK UNM secara teoritis belum melaksanakan fungsi-fungsi manajemen dengan baik banyak kelemahan di dalam pelaksanaan, pemeliharaan, monitoring dan evaluasi program terhadap monitoring dan evaluasi program terhadap pengelolaan PPLM merupakan tantangan dan kendala yang harus dicari solusinya prinsip dasar untuk mengatasi masalah pengelolaan pembinaan yang dilakukan secara komprehensif sebagaimana ditetapkan dalam PPLM adalah melalui penggalangan koordinasi yang lebih bersinergi dengan berbagai pihak instansi terkait merupakan solusi terbaik.

References


Abdul, Hakim. 2005.Perbandingan Pembinaan Atlet Pencak Silat PPLP dengan Perguruan Pencak Silat di Kota Makassar, Tesis tidak diterbitkan. Makassar; PPs UNM

Ad’dien.2004. Peningkatan Sport Development Indeks (SDI) Daerah Propinsi Sulawesi Selatan & Tenggara (Laporan Penelitian). Makassar Universitas Negeri Makassar.

Adi, Winendra, dkk. 2008. Seri Olahraga Atletik. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bompa. 1983. Theory and Methodologi of Training : Dubugus : Iowa Kendal Hunt Publishing Company.

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Dalam Coaching: Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti: Jakarta.

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikology Dalam Coaching. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (PLTK)

Hasibuan, SP Malayu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Ketetapan MPR RI No. II/MPR/1993. Pembinaan dan Pengembangan Olahraga Jakarta: GBHN.

Koni Pusat. 2000. Pemanduan Dan Pembinaan Bakat Usia Dini, rencana induk pengembangan olahraga prestasi diindonesia 1997-2007 Jakarta: Gerakan Garuda Mas.

Mark Guthrie. 2008. Sukses Melatih Atletik. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Razak, Abraham. 2003 . “Pelatih Sebagai Profesi” Makassar: Volume 10. Jurnal Sparta.

Saharullah. 2005. Studi TentangManajemen Pembinaan Usia Dini Pada Sekolah Sepak Bola MFS 2000 Makassar.

Sugiyon. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sucipto. 2001.Pendekatan Keterampilan Taktis Dalam Pembelajaran Pencak Silat, Konsep & Metode, Jakarta: Depdiknas, Didasmen Bekerjasama Direktorat Jendral Olahraga.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v3i1.28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mandala Education



Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.