KONFLIK SOSIAL ANTAR DESA DALAM PERSPEKTIF SEJARAH DI BIMA

Ahmadin Ahmadin

Abstract


Pemikiran yang membuat kita terpengaruh, hal ini yang menjadikan konflik dalam diri setiap manusia. dalam tulisan ini adalah yang diangkat Konflik Sosial Dalam Perspektif Sejarah di Bima dengan metodelogi kualitatif. Penyebab terjadinya konflik sosial adalah Pertama, Faktor kenakalan remaja. kedua, Watak keras masyarakat karena masing-masing setiap pribadi mempunyai karakter dan sifat bawaan. Ketiga, Pergeseran budaya. Ke’empat, Kinerja struktur pemerintah setempat yang belum maksimal. dan Kelima, Lambanya tindakan pihak keamanan. Dampak konflik sosial antar Desa Secara positif atas peristiwa ini mengharuskan peningkatan kinerja pemerintah sesuai kewenanganya karena dalam sisi negatif menghambat proses perekonomian, pendidikan, politik, dan adanya tekanan sosial secara psikologis. Secara pengetahuan upaya penyelesaian konflik hanya bersifat yaitu islah. Sejarah mencatat konflik social yang terjadi di Bima sudah sangat menghawatirkan karena pada setiap moment dalam Desa masing-masing sudah mengalami mental down atau terkikisnya keimanannya untuk menggunakan akal sehat dalam menerima dan memberi pemikiran. Kemudian usaha para tokoh untuk memberikan konsep penyelesaiaan konflik dengan cara musyawarah mufakat dalam rangka penyatuan persepsi kemajemukan masyarakat. Pandangan sejarah bagi orang Bima masalah konflik waktu dulunya sebagaimana dicontohkan olehpara tokoh-tokoh yang diprakarsainya dari peradaban selalu diperlihatkan oleh para pejuang akan berpandangan kontra produktif terhadap konflik antar Desa dan ini merupakan sebuah kesalahan fatal karena muatan konflik berbentuk perang ini sangat tidak manusiawi, sebab meliputi rentetan saling melukai, menghancurkan, menyerang bahkan saling membunuh satu sama lain.

References


Ahmad, Abdullah BA. 1992. Kerajaan Bima dan Keberadaannya.

Tajib,H.Abdullah.1995.Sejarah Bima Dana Mbojo.Jakarta:Harapan Masa PGRI.

E. Tamburaka, Rustam Takhir. 1999. Pengantar Ilmu Sejarah, Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat & Iptek. PT. RINEKA CIPTA. Jakarta.

Fakih, Mansour. 2001. Sesat Pikir “Teori Pembangunan dan Globalisasi”. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Gottchalk, Louis. 1975.”Understanding History” Diterjemahkan oleh Nugroho Notosusanto Mengerti Sejarah.Jakarta.UI- Pres.

Muslimin Hamzah. 2004. Ensiklopedia Bima. Pemerintah Kabupaten Bima.

Saridjo, Marwan. 2012. Perang Ngali “Sebuah Perang Sabil”Yayasan Ngali Aksara. Bogor. jeckprodeswijaya.blogspot.co./pengertian-dan-teori-konflik-sosial.http


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.