KOMPENTENSI SOSIAL DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI TAHUN AKADEMIK 2018/2019

Ruth megawati, Paul Johan Kawatu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian mahasiswa pada program studi pendidikan biologi, FKIP, Universitas Cenderawasih yang mengikuti PPL semester genap tahun akademik 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang hasilnya dideskripsikan sesuai keadaan di lapangan. Pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian sebanyak 14 mahasiswa di delapan sekolah tempat pelaksanaan PPL. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuisioner skala likert dan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif yang selanjutnya dikonfirmasikan pada tabel kategori interpretasi kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial berada pada kategori baik dengan frekuensi 14 orang atau 100%. Sedangkan kompetensi kepribadian berada pada kategori baik dengan frekuensi 12 orang  dengan presentase 85%. Walaupun ada 14% atau 2 orang berada pada kategori cukup baik. kompetensi sosial maupun kompetensi kepribadian adalah kompetensi yang wajib dimiliki oleh para mahasiswa PPL sebagai calon-calon guru, untuk itu persiapan kedua kompetensi ini sebelum mahasiswa terjun ke sekolah-sekolah perlu diadakan persiapan atau behavior entry yang cukup bagi mereka. Sehingga mahasiswa bukan saja professional dalam mengajar tetapi juga memiliki etos kerja yang baik sebagai calon guru.  


Keywords


Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian, Mahasiswa, Biologi

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. 1984. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Angkasa: Bandung

Mulyasa. 2001. Standar Kompetensi Sertifikasi Guru. Remaja Rosdakarya; Bandung.

________. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Sakti, B.M 2018. Peran Kompetensi Sosial Dan Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Mencapai Keberhasilan Pembelajaran. UNY.

Tilaar, H A.R. (2009). Kekuasaan dan Pendidikan Manajemen PendidikanNasional Dalam Pusaran Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Usman, M.E. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung; Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v5i2.751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ruth megawati, Paul Johan Kawatu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.