HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN DAN PANJANG LENGAN TERHADAP PRESTASI LEMPAR CAKRAM PADA SISWA KELAS X SMAN 3 PRAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Susi Yundarwati, Intan Primayanti

Abstract


Untuk mendapatkan atlet lempar cakram yang berprestasi harus memiliki berbagai macam aspek seperti: Aspek fisik, Teknik dan mental. Dari beberapa aspek di atas, aspek yang memegang peranan yang sangat penting terhadap aspek lainya. Karena hal ini berhubungan erat dengan keseimbangan kondisi fisik seorang atlet untuk menunjang tercapainya aspek-aspek yang lain. Oleh sebab itu, setiap program latihan, aspek ini selalu menjadi Prioritas Utama khususnya dalam menjaga daya tahan (Ketahanan), Daya Ledak, kecepatan, kekuatan, kelincahan, keseimbangan, kelenturan, ketepatan dan reaksi. Hampir semua cabang olahraga setiap komponen-komponen tersebut dibutuhkan namun demikian, prioritas peningkatanya tergantung dari karekteriktis dari cabang olahranga yang dibimbingnya. Dari urutan penekanan latihan yang dimaksud di atas, yaitu latihan yang berfungsi untuk meningkatkan dan pembentukan fisik agar mampu melakukan gerakan-gerakan yang sesuai dengan cabang olahraga yang digelutinya. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah Ada Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan Dan Panjang Lengan Terhadap Prestasi Lempar Cakram Pada Siswa Kelas X SMAN 3 Praya Tahun Pelajaran 2015/2016. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ingin mengetahui Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan Dan Panjang Lengan Terhadap Prestasi Lempar Cakram Pada Siswa Kelas X SMAN 3 Praya Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil akhir yang di peroleh dari data tersebut adalah sebagai berikut : nilai t-hitung sebesar 20,2143, lebih besar dari nilai t-tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,404 dan pada taraf signifikan 1% sebesar 0,515 atau dengan kata lain bahwa : Ada Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan Dan Panjang Lengan Terhadap Prestasi Lempar Cakram Pada Siswa Kelas X SMAN 3 Praya Tahun Pelajaran 2015/2016,sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan diterima serta menolak hipotesis nihil (Ho) yang menyatakan bahwa : Tidak Ada Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan Dan Panjang Lengan Terhadap Prestasi Lempar Cakram Pada Siswa Kelas X SMAN 3 Praya Tahun Pelajaran 2015/2016

References


Arikunto. S. 2013. Prosudur Prnelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Wineka cipta .

Drs. Zainul Johor M.Pd, 2009. Pembelajaran Atletik IKIP Mataram, 2011. Pedoman Bimbingan Dan Penulisan Kurya Ilmiah.

Jess Jarver, 2008. Belajar dan berlatih atletik Lalu Hulfiandi M.Pd, Kondisifisik dan tes pengukuran dalam olahraga, Lembaga penelitiandan pendidikan (LPP) Mandala.

Maksum Ali, 2009. Metodelogi Penelitian dalam Olahraga .Fakultas ilmu Keolahragaan Universitas Negri Surabaya, Surabaya.

Nur Ichsan Halim. 2011. Tes dan pengukuran kesegaran jasmani, Makassar.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbi Alfabeta, Bandung.

Nurhasan. 2001 .Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani. Departemen pendidikan nasional, direktorat jendral olahraga Jakarta.

SutrisnoBudi. 2010 . Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2. Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional, Jakarta.

Sudjana Nana dan Ibrahim 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung.: Sinar Baru Algesindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.