Dampak Program Sport Area Terhadap Penguatan Ekonomi Masyarakat Di Kota Palangka Raya

Yudo Harvianto

Abstract


Salah satu aktivitas yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari manusia yaitu olahraga. Apabila diamati saat ini, bahwa begitu banyak dari kalangan masyarakat masih enggan untuk melakukan aktivitas olahraga secara teratur. Berbagai macam alasan mereka katakan mulai dari dikarenakan sedang sibuk bekerja, waktu luang relatif sedikit, hingga fasilitas olahraga terbatas. Akan tetapi saat ini dibeberapa kota di Indonesia, pemerintah memberikan fasilitas masyarakat untuk berolahraga secara rutin dengan mendesain taman-taman kota serta jalan-jalan protokol dijadikan sebagai sport area atau area berolahraga. Strategi ini cukup berhasil sebab masyarakat begitu antusias untuk berolahraga. Banyaknya masyarakat yang antusias berpartisipasi dalam olahraga di sport area ini, menimbulkan sisi positif salah satunya pada sektor usaha mikro dan usaha jasa. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui seberapa besar dampak program sport area terhadap penguatan ekonomi masyarakat di kota Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Deskriptif Kualitatif. Dengan subjek penelitian berjumlah 115 orang. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu : 1) Masyarakat yang berolahraga di sport area relatif ramai setiap harinya. 2) Mayoritas masyarakat memanfaatkan para pedagang di sport area untuk membeli minuman dan makanan disaat mereka merasa lelah setelah berolahraga. 3) Rata-rata masyarakat menggunakan sepeda motor dari rumahnya untuk menuju ke sport area sehingga dapat meningkatkan pendapatan para petugas parkir. 4) Adanya dampak yang signifikan terhadap penguatan ekonomi masyarakat dari program sport area di kota Palangka Raya.

Keywords


Sport Area, Penguatan, Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Bina Aksara.

Ekholm, D. (2013). Sport and crime prevention: Individuality and transferability in research. Journal of sport for development, Vol. 1, No. 2.

Freddy, Rangkuti. (2006). Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Grafindo.

Griwijoyo, S. (2005). Manusia dan Olahraga, Bandung, Penerbit ITB.

Harvianto, Y. (2019). Minat partisipasi dalam olahraga ditinjau dari suku bangsa pada siswa di kota Palangka Raya. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. Vol. 4. No. 4.

Harvianto, Yudo. (2020). Strengthening the Brotherhood of Ethnic Groups Rope Through Sport. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 407. (https://www.atlantispress.com/proceedings/sbicsse-19/125935206).

Jonasson, Kale (2013). Sport Has Never Been Modern. Gothenburg. Acta Universitatis Gothoburgensis.

Khamdani, Ajun. (2010). Olahraga Tradisonal Indonesia. Klaten: PT. Mancanan Jaya Cemerlang.

Mylsidayu, Apta, (2014). Psikologi Olahraga. Jakarta : Bumi Aksara.

Rambat, Lupiyoadi, dan A. Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta; Salemba Empat.

Rosdiani, Dini (2012). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang UsahaMikro Kecil dan Menengah. Kementerian Koperasi dan UKM.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3. Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Jakarta . 2007.

Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 1995 tentang Usaha Kecil. Kementerian Koperasi dan UKM.

Zacheus. T. (2010). The significance of sport and physical activity during the acculturation and integration process of immigrants in Finland – the experts’ view, European journal for sport and society, 7 (2), 166.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i1.1089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yudo Harvianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.