HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KEKUATAN OTOT PERUT TERHADAP KEMAMPUAN PANJAT TEBING NOMOR SPEED CLASSIC DALAM CABANG OLAHRAGA PANJAT TEBING PADA ATLET FPTI NTB

Baiq Satrianingsih, P Muhammad Yusuf

Abstract


Seseorang yang mempunyai kekuatan otot lengan dan kekuatan otot perut yang kuat maka kecepatan pada nomor Speed akan lebih maksimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kekuatan otot lengan dan kekuatan otot perut terhadap kemampuan panjat tebing nomor speed classic dalam cabang olahraga panjat tebing pada atlet FPTI NTB tahun 2016. Masalah penelitian yaitu : (1) Apakah ada hubungan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan panjat tebing nomor speed classic dalam cabang olahraga panjat tebing pada atlet FPTI NTB tahun 2016?, (2) Apakah ada hubungan kekuatan otot perut terhadap kemampuan panjat tebing nomor speed classic dalam cabang olahraga panjat tebing pada atlet FPTI NTB tahun 2016?, (3) Apakah ada hubugan kekuatan otot lengan dan kekuatan otot perut terhadap kemampuan panjat tebing nomor Speed classic dalam cabang olahraga panjat tebing pada atlet FPTI NTB tahun 2016?. Tenik pengumpulan data menggunakan : metode tes perbuatan, teknik observasi, metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus “korelasi linear berganda. Dan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) Tidak ada hubungan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan panjat tebing nomor Speed Classic dalam cabang olahraga panjat tebing pada atlet FPTI NTB tahun 2016. (2) ada hubungan kekuatan otot perut terhadap kemampuan panjat tebing nomor Speed Classic dalam cabang olahraga panjat tebing pada atlet FPTI NTB tahun 2016. (3) Ada hubungan kekuatan otot lengan dan kekuatan otot perut terhadap kemampuan panjat tebing nomor Speed Classic dalam cabang olahraga panjat tebing pada atlet FPTI NTB tahun 2016. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data dimana didapati rhitung > rtabel (0.753 > 0.514) pada taraf signifikan 5%.

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Abraham. 2014. Pengaruh Latihan Pull-up dan Push-up Terhadap Kemampuan Panjat Tebing Kategori Speed Pada Mahasiswa UNM.

Admin. Pengertian Kekuatan Otot Perut Dan Kemampuan Panjat Tebing. http://id.wikepedia.org//bit.ly/fxzulu/wiki/kekuatan-kemampuan.

FPTI. 2014. Peraturan Kompetisi Panjat Tebing Indonesia.

Hulfian, Lalu. 2014. Penelitian Dikjas. Selong : Garuda Ilmu

Halim, Nur Ichsan. 2011. Tes Dan Pengukuran Kesegaran Jasmani. Makasar : Badan Penerbit Universitas Negeri Makasar.

IKIP Mataram. 2011. Pedoman Pembimbingan Dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram

Nurhasan. 2001. Tes Dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani : Prinsip-prinsip Dan Penerapannya. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasiona Ditjen Pendidikan Dasar Dan Menengah Bekerjasama Dengan Ditjen Olahraga.

Putri. Kekuatan Otot Lengan. http://putrifigneswara.blogspot.co.id

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sukandar, Dadang. 2006. Rock Climbing : Panduan Praktis Panjat Tebing. Yogyakarta : C.V Andi Offset

Sudjana, Nana. 2006. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah : Makalah-Skripsi-Tesis-Disertasi. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : ALFABETA, CV




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v2i1.124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mandala Education



Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.