FAKTA KEMANUSIAAN DALAM NOVEL TENTANG KAMU KARYA TERE LIYE YANG MENCERMINKAN SEJARAH PKI: KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMANN

Ayu Nurmalayani, Burhanuddin Burhanuddin, Johan Mahyudi

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan refleksi sejarah PKI dalam Novel Tentang Kamu karya Tere Lie. Fokus pendeskripsiannya adalah fakta kemanusiaan dalam novel yang mencerminkan sejarah PKI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif menggunakan teori strukturalisme genetik. Data penelitian dikumpulkan dengan metode telaah dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan metode struktural genetik. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diketahui bahwa fakta kemanusiaan dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye yang mencerminkan sejarah PKI dominan berupa fakta sosial, yakni berupa hubungan sosial, ekonomi, dan politik. Dalam hal ini, ada yang berupa verbal dan ada pula yang berupa nonverbal. Disimpulkan bahwa: (1) Fakta sosial berupa hubungan sosial tercernin pada kisah penculikan dan pembantaian kiyai, keluarga kiyai, dan santri-santri pondok pesantrean oleh Musoh dan Latri karena ketidakpuasannya terhadap kebijakan kiayai Ma’sum, padahal sebelumnya mereka adalah orang kepercayaan kiyai Ma’sum; (2) Fakta sosial berupa hubungan ekonomi tercernin pada kisah pengaturan perekonomian pondok pesantren yang dijadikan alat untuk menghasut orang lain agar membenci pimpinan pondok pesantren dan melakukan pemberontakan; dan (3) Fakta sosial berupa hubungan politik tercernin pada kisah pergerakan faham komunis di Indonesia tahun 1948-1965, perebutan pengaruh dan kekuasaan anatar elit politik TNI dan PKI yang tak terkendali, dan penyebaran kata-kata/slogan kebencian oleh kelompok PKI.

Keywords


refleksi, sejarah PKI, strukturalisme genetik, dan fakta kemanusiaan

References


Damono, Sapadi Djoko. 2009. Sosiologi Sastra: Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud

Endraswara, Suwandi. 2011. Metodologi Penelitian Sosiologi Sastra. Yogyakarta. CAPS

Fananie, Z. (2000). Telaah Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Faruk. 2002. Kelangsungan: Hubungan Teori dengan Kritik Sastra Indonesia. Majalah Horison edisi XXXV, Januari, hal. 9-19.

_______. 2014. Pengantar Sosiologi Sastra: dari Strukturalisme Genetik sampai Post-Moderenisme. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Hanif, M. (2011). Peranan Wanita Desa Soco Bendo Magetan Dalam Mengatasi Dampak Psikologi Sosial Pasca Madiun Affair 1948 (Studi Sejarah Sosial). AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARAN-NYA, 1(1), 63-82.

Iswanto. 2003. “Penelitian Sastra dalam Perspektif Strukturalisme Genetik” dalam Metodologi Penelitian Sastra (Jabrohim, ed.). Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

Liye, Tere. 2014. Rindu. Jakarta: Republika

Liye, Tere. 2015. Sanset dan Rosie. Jakarta: Republika

Liye, Tere. 2016. Tentang Kamu. Jakarta: Republika

Liye, Tere. 2018. Anak Cahaya. Jakarta: Republika

Ratna, Ny. Kunta. 2013. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ricklefs, M.C., 2008. A History of Modern Indonesia Since c.1200 (Third Edition). Basingstoke:PALGRAVE

Rokhman, M. A. (2008). Keterkaitan Kajian Budaya dan Studi Sastra di Inggris: Sebuah Telaah Singkat. Jurnal Humaniora, 20(1), 18-25.

Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sitepu, Gustaf. 2009. Strukturalime Genetik Asmaraloka. Tesis tidak dipublikasikan. PPS Universitas Sumatra Utara

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Wibowo, Erwin. 2017. Kajian Nilai-nilai Historisme dalam Novel Trilogo Soekram Karya Sapardi Joko Damono. Jurnal Kibas Cendrawasih Vol. 14 (2). Hal 209 -220




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i1.1584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ayu Nurmalayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.