EFEKTIFITAS STRATEGI PENGAJARAN EDUTAINMENT DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII MTs. DARUSSALAM BERMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Herjan Haryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaaan yang signifikansi terhadap konsentrasi belajar matematika antara siswa yang diajarkan menggunakan strategi pengajaran edutainment  dan metode Konvensional dalam pembelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Darussalam Bermi Tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII B dan kelas VII C dengan jumlah 71 siswa. Dalam penelitian ini, desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian yang bersifat eksperimen. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik Simple Random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode Angket/Quesioner sebagai metode pokok, sedangkan metode observasi dan metode dokumentasi digunakan sebagai metode bantu. Teknik analisis data menggunakan uji-t test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas yang dianalisis dengan menggunakan program Microsoft Excel 2007 maupun perhitungan uji-t test Pooled Varians dan didapatkan t hitung  sebesar 7,257 dan interperestasikan  pada t table  dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai  t table yaitu 2,014 karena t hitung  t table , maka menunjukkan bahwa  terdapat perbedaaan konsentrasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pengajaran edutainment . Lebih lanjut dari hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata skor total kelompok eksperimen yaitu 78,15 dan 59,66 pada kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa yang diajarkan dengan strategi pengajaran edutainment memiliki rata-rata konsentrasi belajar  lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode Konvensional, dan secara signifikansi kedua metode pembelajaran memliki nilai perbedaan yang menunjukkan strategi pengajaran edutainment lebih efektif ditinjau dari konsentrasi belajar

Keywords


Strategi Pengajaran Edutainment, Metode Picture and Picture dan Konsentrasi Belajar

References


Abdul Rozak Zaidan, Anita K. Rustapa, & Hani’ah. (2007). Kamus istilah sastra. Jakarta: Balai Pustaka.

Aminuddin. (1990). Sekitar masalah sastra. Malang : Yayasan Asih Asah Asuh Malang.

Burhan Nurgiayantoro. (2009). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE.

___________________. (2005). Sastra anak pengantar pemahaman dunia anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 SMA – pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian mata pelajaran bahasa dan sastra indonesia. Jakarta : Dirjen Dikdasemen, Dir pendidikan menengah umum.

_______________. (2003). Pedoman penulisan modul. Jakarta : Direktorat PLP, Ditjen, Dikdasmen, Depdiknas.

Mirriam- Goldberg, Carryn. (2005). Daripada bete nulis aja! panduan nulis asyik di mana saja, kapan saja, jadi penulis beken pun bisa. (Terjemahan Lusy Widjaja). Minneapolis: Free Spirit Publishing. (Buku asli diterbitkan tahun 1999).

Rahmanto. (1988). Metode pengajaran sastra . Yogyakarta: Kanisius.

Sartinah Hardjono. 1988. Prinsip-prinsip pengajaran bahasa dan sastra. Jakarta: P2LPTK.

Taufik Ampera. (2010). Pengajaran sastra teknik mengajar sastra anak berbasis aktivitas. Bandung: Widya Padjadjaran.

Yudhi Munadi. (2013). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta : Referensi (GP Press Group)

Vembriarto. (1975). Pengantar pengajaran modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v3i2.167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)



Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.