PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI UNTUK MEMBANTU MAHASISWA MEMBANGUN KONSEP HIMPUNAN

Fatmah Fatmah, Arif Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media gambar fotografi untuk membantu mahasiswa membangun konsep himpunan yang berkualitas baik. Oleh karena itu, Penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian pengembangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan modifikasi model 4-D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Secara khusus pengembangan media pembelajaran menggunakan model Luther yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) Concept (konsep), (2) Design (perancangan), (3) Material Collecting (pengumpulan bahan), (4) Assembly (pembuatan), dan (5) Testing (uji coba). Sampel penelitian adalah mahasiswa semester II Pendidikan Matematika yang mengikuti mata kuliah Pengantar Dasar Matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi dan instrumen Tes Hasil Belajar (THB). Observasi dilakukan terhadap dosen dan mahasiswa oleh observer untuk melihat aktivitas dosen dan mahasiswa pada proses pembelajaran, THB diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk tes uraian untuk mengukur kemampuan mahasiswa membangun konsep himpunan.  Perangkat pembelajaran yang dihasilkan pada penelitian ini berupa Satuan Acara Perkuliahan (SAP), Rencana Tugas Mahasiswa (RTM), Tes Hasil Belajar (THB) dan bahan ajar/ modul materi Himpunan dengan sintaks model pembelajaran langsung berbantuan media gambar fotografi yang berkualitas baik, dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Pada pelaksanaan uji keefektifan hasil pengembangan akhir; perangkat pembelajaran menunjukan praktis dengan validator menyatakan bahwa perangkat pembelajaran valid dan dapat digunakan, hasil observasi pelaksanaan pembelajaran untuk SAP baik, hasil pengamatan terhadap aktivitas belajar mahasiswa menunjukan aktif. Perangkat pembelajaran efektif dengan adanya mahasiswa merespon positif pelaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar yang diberikan kepada mahasiswa memenuhi kriteria valid, reliabel, sensitif dan ketuntasan belajar secara klasikal terpenuhi

Keywords


Pembelajaran Langsung, Gambar Fotografi, Konsep Himpunan

References


Adi Subaryana, A. 2011. Model pembelajaran konvensional (online). Tersedia http:/alitadisanjaya.blogspot.com/2011/07/model-pembelajaran-konvensional.html.

Ariyani, N & Haryanto, D. 2010. Pembelajaran multimedia di sekolah.jakarta: Prestasi Pustaka.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Briggs. 2008. “Media pembelajaran PKN” dalam Pengertian Media Pembelajaran. Bandung.

Drews, Doreen dan Alice Hansen. 2007. Using Resources to Support Mathematical Thinking, Primary and Early Years. Learning Matters Ltd.

Heuvel-Panhuizen, Marja van den, Sylvia van den Boogaard, dan Brian Doig. 2009. Picture Books Stimulate The Learning of Mathematics. Australasian Journal of Early Childhood, Volume 34 Number 2.

Jihad Asep dan Haris Abdul, (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kardi Soeparman & Nur Mohamad (2005). Pengajaran Langsung. Edisi 2. Surabaya: Unesa – University Press.

Munadi, Yudhi. 2012. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mitchelmore , Michael C. dan Paul White. 2007. Abstraction in Mathematics and Mathematics Learning. Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education Vol. 3, pp 329–336.

Pridapurwoko. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasisis lembar kerja siswa. Diambil dari: http://pridapurwoko.blogspot.com/2013/04/pengembangan-bahan-ajar-berbasis-lembar_30.html. Diakses tanggal: 26 Juni 2015.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

Skemp. Richard R. 1987. Psychology of Learning Mathematics. Universitas Michigan: Penguin Books.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung:Sinar Baru Algesindo.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Usman, Moh. Uzer. 2012. Menjadi guru profesional. Bandung: PT remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v3i2.169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)



Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.