PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK BERBANTUAN ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR PKn DITINJAU DARI SIKAP SOSIAL SISWA SMAN 7 MATARAM NTB

Candra Candra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran resolusi konflik berbantuan asesmen portofolio terhadap hasil belajar PKn ditinjau dari sikap sosial siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 7 Mataram pada tahun pelajaran 2011/2012 dengan rancangan penelitian Post Test Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 158 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Random Kelas. Hasil penelitian menunjukan: (1) tidak ada perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik berbantuan asesmen portofolio dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvesional,dengan hasil uji hipotesis diperoleh Fhitung = 1,953 < Ftabel = 3,96, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan sikap sosial terhadap hasil belajar PKn, diperoleh hasil uji hopetesis FABhitung = 26,432>Ftabel 3,96, (3) untuk siswa yang memiliki sikap sosial tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik berbantuan asesmen portofolio dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvesional, dengan hasil uji Tukey diperolehQhitung= 6,545>Qtabel3.74, (4) untuk siswa yang memiliki sikap sosial rendah, terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran konvesional dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik berbantuan asesmen portofolio, dengan hasil uji Tukey diperolehQhitung = 3,743>Qtabel3,74. Berdasarkan pada temuan-temuan tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model resolusi konflik berbantuan asesmen portofolio dan sikap sosial siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Mataram.

References


Dunia, IN. 2010.Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Terhadap Prestasi Belajar PKn di Tinjau Dari Pola Asuh Orang Tua, Tesis. Singaraja: Program Pasca Sarjan UNDIKSHA.

Gerungan, W.A. 1991. Psikologi Sosial, Bandung:Eresco.

Koyan, IW. 2002. Pengaruh Jenis Tes Formatif dan Kemampuan Penalaran Verbal Terhadap Hasil Belajar PKn: Studi Eksperimen Pada Siswa SMUN di Singaraja, Desertasi. PPs Universitas Negeri Jakarta.

Marhaeni, A.A.I.N. 2004. Portofolio Dalam Paembelajaran Suatu Pendekatan Asesmen Berbasis Kompetensi.Makalah. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Sugiono. 2010. Penelitian Pendidikan. Bandung Alfabeta.

----------. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung Alfabeta.

Suharsimi, A. 2003. Dasar – Dasar Evaluasi, Jakarta: Bumi Aksar.

-------------- 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta PT Rineka Cipta.

Suwanda. 2011. Desain Eksperimen. Bandung Alfabeta.

Tuckman. B. W. 1999. Conduction Educational Reseach.Orlando: Harcourt Brace College Publishers

Wina, S. 2006.Strategi Pembelajaran Berorentasi Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v2i1.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mandala Education



Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.