ANALISIS PENGGUNAAN TANDA BACA DAN HURUP KAPITAL DALAM KARYA SURAT SISWA

Fikran Fadli

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menggunakan tanda baca dan huruf capital dalam karya surat siswa kelas V SDN Jelenga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mengkaji dan menganalisis data secara objektif berdasarkan fakta nyata yang ditemukan di lapangan. Hasil temuan dipaparkan secara deskriptif, melalui analisis isi dari karya surat ini sehingga ditemukan kesalahan penulisan yang dibuat oleh siswa khususnya kesalahan dalam penulisan huruf kapital dan tanda baca. Hasil penelitian menunjukkan pada penulisan huruf kapital, kesalahan terbesar yang paling sering dilakukan siswa yaitu pada penulisan huruf pertama kata awal kalimat dengan persentase 43,4%. Pada tanda baca kesalahan terbesar yaitu pada penghilangan tanda titik pada akhir kalimat yang bukan pertanyaan/seruan dan penghilangan tanda koma yang dapat dipakai untuk menghindari salah baca/salah pengertian dengan persentase 40%. Faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan pada penulisan huruf kapital dan tanda baca, yakni disebabkan karena motivasi belajar siswa rendah, respon dan sikap siswa yang kurang baik selama proses belajar, guru yang hanya menghandalkan metode ceramah dan lebih menekankan aspek teoretikal dari pada keterampilan praktis bahasa tulis, dan materi ajar yang kurang dipahami siswa.


Keywords


Penggunaan Tanda Baca, Hurup Kapital, Karya Surat

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, R. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Baca, dan Penulisan Kata pada Koran Mercusuar. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(4), 12–28. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12178/9361

Shara, A. (2019). Analisis Kemampuan Menentukan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas V Sd Negeri 161 Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2), 346–352.

Siburian, L. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Oleh Mahasiswa Pgsd Semester Ii Kelas 3 Unika Santo Thomas Sumatera Utara. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(1), 81–87. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i1.9821

Yanti, N., Suhartono, & Kurniawan, R. (2016). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(1), 72–82.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i2.1975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fikran Fadli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.