PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 SOKARAJA

Nurkholis Kurniawan, Rohmat Rohmat

Abstract


Abstrak, Penelitian ini dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19, dan pemerintah membuat sebuah kebijakan-kebijakan seperti social distancing, berupa pembatasannsosial berskala besar (PSSB). Situasi ini menuntut masyarakat untuk tetap berada didalam di rumah, mulai dari bekerja di rumah, beribadah, dan belajar. Pemerintah merekomendasikan untuk menerapkan proses belajar di rumah melalui pembelajaran online. Diterapkannya pembelajaran online secara tiba-tiba menimbulkan berbagai permasalahan atau problematika dalam proses pengajaran khususnya pelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk mengetahui jawabannya, peneliti merumuskan pertanyaan sebagai berikut: 1). Bagaimana merencanakan dan melaksanakan pembelajaran online untuk pendidikan agama Islam selama pandemi SMPN 2 Sokaraja, 2) Covid19. SMPN 2 Apa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sokaraja Penilaian dan Permasalahan Pembelajaran Online Selama Pandemi COVID-19? Jenis penelitian yang dipilih yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan dengan mengumpulkan data observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran tidak sejalan dengan pelaksanaan pembelajaran online. Terdapat perbedaan tingkat pemahaman pembelajaran mata kuliah antar mahasiswa dalam pembelajaran online. Siswa tanpa smartphone/HP dan keterbatasan kuota internet, metode pembelajaran dan faktor kapasitas guru, guru yang mengontrol Keterbatasan pembelajaran online yang terus menerus dan kurangnyaa motivasi para siswa untuk belajar.

Kata Kunci : Problematika, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam.


Full Text:

PDF

References


Anugraha, Adri. 2020. ”Hambatan, solusi daniharapan: Pembelajaran Daring SelamaiMasa Pandemi Covid-19 oleh Guru sekolah dasar”. Vol. 10 No. 3, Scholaria: Jurnal Pendidikanadan Kebudayaan.

Asmuni. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya”, (Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4).

Efendi, Albert. 2020. Konsep Pembalajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung.

Hayati, Mardia. 2009. DesainiPembelajaran. Pekanbaru, Yayasan Pustaka Riau.

Lalu Gede Muhammad Zainuddin. 2020. Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19, (Al- Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1).

Margono, S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mustaqim & Wahib Abdul. 2020. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Phadila, Anisa. 2020. Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19, (UINSU Jurusan Pendidikan Agama Islam.

Prawiradilaga, Dewi Salma. 2012. Wawasan Teknologi Pendidikan, (Jakarta: Kencana.

Purwanto, Ngalim. 2020. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung: Rosda karya.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Bandung: Kencana.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi:mixed method. Bandung: Alfabeta.

Syahidin et al. 2009. Moral dan Kognisi Islam. Bandung: Alfabeta.

Yolanda, Sisca. 2020. Prpblematika Guru Dalam Pelaksanaan Kelas Daring (Online Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajran Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 22/IV Kota Jambi. UIN Sulthan Taha Saifuddin Jambi.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i4.2336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurkholis Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.