PERKEMBANGAN OLAHRAGA FUTSAL DI NTB SEBAGAI BAGIAN DARI EKSPRESI DIRI PEMUDA DALAM BEROLAHRAGA (STUDI PADA SALAH SATU KLUB FUTSAL NTB)

Yadi Imansyah, Wahyu Hananingsih

Abstract


Futsal menjadi salah satu olahraga populer dan sangat diminati oleh seluruh kalangan masyarakat terutama di perkotaan. Selain dari itu, permainan futsal sangat mudah dimainkan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja pria dan bahkan orang dewasa. Perkembangan olahrga  futsal  di  Indonesia,  termasuk  di   NTB  mengalami  peningkatan,  terbukti  dengan banyaknya pemuda ikut serta dalam kegiatan olahraga futsal,  bahkan ikut bergabung dalam klub-klub  amatir  dan  klub  propesional  khususnya  NTB.  Salah  satu  yang  mendorong  dan memberi semangat kepada para pemuda dalam berolahraga khusunya futsal adalah karena kegemaran mereka, ketersedian sarana untuk bermain dan kebutuhan akan pentingnya hidup sehat. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kota Mataram Nusa Tenggara Barat pada salah satu klub futsal yang ada di kota Mataram  NTB.  Instrumen   dalam  penelitian  ini  adalah  berupa  Instrumen  dalam  bentuk pertanyaan      angket,            wawancara      dan      Pengamatan.    Analisi data     dalam penelitian ini menggunakan model interaktif, yang  dilakukan mulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, salinan data dan penarikan kesimpulan atau disebut verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan futsal di NTB adalah gambaran ekspresi diri pemuda dalam berolahraga. Mereka tidak hanya berpartisipasi sebagai penonton saja akan tetapi ikut  menggelutu futsal sebagai seorang pemain atau atlit. Mereka beralasan bahwa dengan bergabung dan ikut bergabung dalam klub tertentu, akan menambah wawasan mereka dalam bermain, mendapat sahabat bahkan kesehatan tentunya. Selain itu, tujuan utama atlit bergabung dan memilih sebuah klub khusunya di NTB diantaranya adalah untuk mencari pengalaman  dan  belajar  tentang  bagaimana  menjadi  pemain  yang  propesional  dan  bisa berprestasi. Selain dari itu didapat hasil bahwa perkembangan klub futsal yang ada di NTB saat ini sangat berkembang, terlihat dari bagai mana sebuah klub membina dan mengarahkan para atlitnya untuk  terus bersaing. Dan ketersedian pasilitas yang disediakan oleh beberapa klub khusnya Maras FC Mataram dalam menunjang proses latihan mereka.

Keywords


Futsal, Olahraga dan Klub Futsal NTB

References


Arikunto, Suharsimi. 2005. Produser penelitian (Suatu pendekatan praktik) Jakarta:Rineka Cipta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1997. Jakarta: Balai Pustaka.

Muharnanto. 2008. Dasar-dasar Permainan Futsal. Depok: PT. Kawan Pustaka. PSSI. 2004. Peraturan Permainan Futsal. Jakarta: PSSI.

Riyanto. 2001. Metodelogi Penelitian. Surabaya: SIC.

Tenang D. Jhon. 2007. Mahir Bermain Futsal. Bandung: DAR! Mizan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005, Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Webside: http://m.bola.viva.co.id/news. Diakses pada tgl 29 Desember 2016.

Hananingsih, W. (2017). Pengaruh Pelatihan Pliometrik Dan Pelatihan Beban Terhadap Peningkatan Kekuatan Dan Explosive Power Otot Tungkai. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 1(2), 1-15




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v2i1.234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.