Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Tinggi Dalam Penulisan Soal Pilihan Ganda Melalui PendampinganBerbasis KKG Semester Dua Tahun 2016/2017 di SD Negeri 31 Mataram

Hj. JAWARIAH

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektifitas pelaksanaan Pendampingan klasikal dan individual dalam upaya meningkatkan kompetensi guru kelas tinggi di SD Negeri 31 Mataram dalam penulisan soal pilihan ganda yang baik dan benar. Berdasarkan beberapa bagian pustaka, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah: pelaksanaan pendampingan klasikal dan individu dapat meningkatkan kompetensi guru kelas tinggi di SD Negeri 31 Mataram dalam penulisan soal pilihan ganda yang baik dan benar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus satu kali pertemuan melalui tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus dua pengamatan kegiatan kepala sekolah diperoleh skor rata-rata 4,25, pengamatan kegiatan guru memperoleh skor rata-rata 4,20 sedangkan hasil kerja individual dalam penulisan soal pilihan ganda memperoleh skor rata-rata 93,69. Indicator keberhasilan untuk pengamatan/observasi > 4,00 dan nilai kerja individual > 85,00. Indicator keberhasilan telah terpenuhi. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dihentikan pada siklus kedua dengan hasil sangat memuaskan. Beberapa kendala/hambatan selama penelitian dapat diatasi dengan baik, sehingga dalam pencapaian indicator dengan cepat terpenuhi. Disarankan kepada kepala sekolah yang lain untuk mengadakan penelitian sejenis dalam upaya meningkatkan kompetensi kepala sekolah yang professional

References


Arikanto, S, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas, 2007, Panduan Penulisan Soal Pilihan Ganda, Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang.

Depdiknas, 2001, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Hartinah, S, 2009, Konsep Dasar Bimbingan Kelompok, Bandung: Pelita Aditama.

Kementrian Nasional, 2011, Pedoman Kegiatan, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar.

Kementrian Nasional, 2011, Buku Kerja Kepala sekolah Sekolah, Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Penjamin Mutu Pendidikan.

Nana Sudjana, 2009, Penelitian Tindakan Kekepala sekolahan Konsep Dan Aplikasinya Bagi Kepala sekolah Sekolah, Jakarta: LPP Bina Mitra.

Radno Harsanito, 2007, Pengelolaan Kelas Yang Dinamis, Paradigma Baru Pembelajaran Menuju Kompetensi Siswa, Yogyakarta: Kanisius.

Suhardjono, 2006, Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Bumi Aksara.

Suhardjono, 2009, Melaksanakan Sekolah Sebagai Kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Kepala sekolah Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Suhardjono, dkk, 2012, Publikasi Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru, Jakarta: Cakrawala Indonesia.

Sardiman, 1996, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru Dan Calon Guru, Jakarta: Ocafindo.

Suparta-Harry Noer Aly, 2003, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Amisscd.

Sofyans, 2007, Konseling Individual Teori Dan Praktik, Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.

User Usman, 2001, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wiriatmadja, 2007, Metode Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Karya Tulis Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Kepala sekolah Sekolah, Jakarta: Dirjen PMPTK




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v3i1.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mandala Education



Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.