IMPLEMENTASI BUKU AJAR MICROTEACHING BERBASIS PRAKTEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR CALON GURU

Ade Kurniawan, Masjudin Masjudin

Abstract


Pembelajaran microteaching di program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Mataram selama ini dilaksanakan dengan langsung meminta mahasiswa melaksanakan praktek mengajar. Dosen mengasumsikan mahasiswa sudah mampu merancang perangkat pembelajaran sendiri. Masalah yang ditemukan adalah mahasiswa menggunakan rancangan perangkat yang didownload dari blog-blog yang tidak terjamin kebenarannya. tanpa adanya proses belajar membuat rancangan sendiri  Akibatnya, mahasiswa tidak menguasai keterampilan dasar dalam mengajar.  Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengajar calon guru di IKIP Mataram melalui implementasi buku ajar microteaching berbasis praktek. Buku ajar microteaching memiliki kelebihan bahwa struktur kontennya menyeimbangkan antara teori dengan praktek sesuai dengan beban matakuliah microteaching. Sehingga perkuliahannyapun dilaksanakan berbasis teori dan praktek. Sebelum praktek mengajar, mahasiswa belajar teori keterampilan dasar mengajar dan teori merancang pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengambilan data dilaksanakan dengan Observasi kemapuan dasar mengajar calon guru. Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata keterampilan mengajar calon guru mencapai 89,2% dengan kategori Sangat Baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi buku ajar microteaching berbasis praktek dapat meningkatkan keterampilan mengajar calon guru di IKIP Mataram

Keywords


Buku Ajar, Microteaching, Praktek, Keterampilan Mengajar

References


Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Bambang, Hartono. 2010. Pengajaran Mikro: Strategi Pembelajaran Calon Guru/ Guru Menguasai Keterampilan Dasar Mengajar. Semarang: Widya Karya.

Basrowi, dkk. Manajemen Penelitian Tindakan kelas. Bogor: Insan Cendekia.

Depdikbud. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Nomor 2 tahun 2008 Pasal 1

Hamalik, Oemar. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono.2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kasim, K. M. A., Sutarto, S., Agusfianuddin, A., & Syahrir, S. (2017, December). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMPN 2 PUJUT. In Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (pp. 271-277).

Kurniawan, A. PENINGKATAN PENALARAN MATEMATIKA DENGAN BERBANTUAN MEDIA SOFTWARE (PROGRAM MAPLE). In SEMINAR NASIONAL PUSAT KAJIAN PENDIDIKAN SAINS DAN MATEMATIKA (PKPSM) IKIP MATARAM 2016 (p. 10).

Masjudin, M. (2017). Pembelajaran Kooperatif Investigatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 4(2), 76-84.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sardiman A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukirman Dadang. 2012. Pembelajaran Micro Teaching. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Syahrir, S. (2010). Metodologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Naufan Pustaka.

Syahrir, S. P. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Teams Game Turnamen (TGT) terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Matematika Siswa SMP (Studi eksperimen di SMP Darul Hikmah Mataram). Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa.

Syahrir, S., & Susilawati, S. (2015). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 1(2), 162-171.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v3i2.267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)



Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.