Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Subtema Pekerjaan di Sekitarku Siswa Kelas IV SD

Yuli Maulidiyah, Khusni Mubarok, Ery Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh metode Role Playing pada hasil belajar kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini memperoleh sebab akibat yang tegas, jelas dan pasti antara beberapa faktor penyebab dengan permasalahan dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk memperoleh sebab akibat yang tegas, jelas dan pasti antara beberapa faktor penyebab dengan permasalahan. Subjek penelitian yang diambil yaitu 24 siswa dalam dua kelas yang berbeda. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yaitu lembar validasi yang digunakan untuk penilaian RPP dan instrumen soal, lembar observasi yang digunakan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran menggunakan metode Role Playing, angket respon yang diberikan kepada siswa setelah pembelajaran menggunakan metode Role Playing, soal pretest dan posttest digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Uji validitas dan reliabilitas data diketahui bahwa hasil instrumen soal yang digunakan valid dan reliabel. Uji normalitas dan uji homogenitas diketahui bahwa hasil kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa metode Role Playing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran subtema pekerjaan disekitarku. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,350 > 2,179, sehingga hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan tersebut memiliki perbedaan. Dapat disimpulkan bahwa metode Role Playing terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa secara signifikan.

Kata Kunci: Metode Role Playing, Hasil belajar, Subtema pekerjaan di sekitarku.


Keywords


Metode Role Playing, Hasil belajar, Subtema pekerjaan di sekitarku.

Full Text:

PDF

References


Amiruddin. (2018). Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Arikunto,S, dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto,S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kiromim, B. (2011). Upaya Meningkatkan Nilai-nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Role Playing, Bandung: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan.

Sriyanti, Lilik, Muna Erawati dan Suwardi. (2013). Teori-Teori Belajar. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i1.2754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 yuli maulidiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.