PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN LKS PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII-C DI SMP NEGERI 20 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Didik Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 20 Mataram tahun pelajaran 2014/2015 pada pembelajaran matematika materi segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana pada tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Adapun masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Data aktivitas belajar siswa diambil menggunakan lembar observasi sedangkan data prestasi belajar siswa diambil menggunakan tes evaluasi yang diberikan pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pertemuan pertama siklus I tergolong kurang aktif sedangkan pada pertemuan kedua siklus I aktivitas siswa berkategori cukup aktif. Pada siklus II pertemuan pertama aktivitas siswa berkategori sangat aktif sedangkan pada pertemuan kedua siklus II berkategori sangat aktif dengan skor aktivitas siswa berturut-turut adalah7,33; 8,67; 14,00; 14,33. Dengan demikian, terdapat peningkatan aktivitas siswa. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa rata-rata hasil evaluasi pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 78,26 dan 83,54 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 73,91% dan 83,33%. Dengan melihat hasil yang diperoleh dari siklus I ke siklus II, baik dari segi aktivitas belajar siswa maupun dari hasil belajar siswa bahwa terjadi peningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada materi segi empat dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 20 Mataram tahun pelajaran 2014/2015

Keywords


Aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa, model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT)

References


Alma, Buchari. 2008. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, S. B. 2005. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kosasih, N dan Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Lita. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktek. Bandung: Nusa Media.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Putakaraya.

Nuharini, D dan Tri Nuharini. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya Untuk SMP dan MTS Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Nurkancana dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jokjakarta: DIVA Press.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2003. Belaja dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Syahrir, S. (2010). Metodologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Naufan Pustaka.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v2i1.291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)



Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.